Sukses

Pelajar Buka Jalan Mobil Damkar Terjebak Macet di Bogor Dapat Hadiah, Wali Kota yang Kasih

Aksi seorang pelajar SMP di Kota Bogor, Jawa Barat viral di media sosial lantaran membantu buka jalan mobil pemadam kebakaran (Damkar).

Liputan6.com, Bogor - Aksi seorang pelajar SMP di Kota Bogor, Jawa Barat viral di media sosial lantaran membantu buka jalan mobil pemadam kebakaran (Damkar).

Dalam video terlihat mobil pemadam kebakaran milik Kota Bogor terjebak kemacetan. Remaja yang mengenakan seragam batik sekolah itu kemudian mengarahkan mobil damkar sembari memberi syarat kendaraan lain untuk memberi jalan.

Diketahui aksi terpuji yang dilakukan pelajar SMP Negeri 7 itu terjadi di Jalan Aria Winata, Empang, Kota Bogor pada Kamis (19/1/2023) sore.

Aksi yang dilakukan remaja yang diketahui bernama Alfin Alfarizqi mendapat pujian warganet, tak terkecuali Wali Kota Bogor Bima Arya.

Bahkan, Bima Arya langsung menyambangi rumah remaja 14 tahun ini di Kampung Muara Kidul, Pasir Jaya, Bogor Barat, Senin (23/1/2023).

Bima Arya sempat berbincang dengan Alfin yang sejak kecil dirawat oleh neneknya itu.

Alfin bercerita, saat dirinya pulang sekolah dan menunggu angkutan umum. Ia mendengar sirine pemadam kebakaran. Namun mobil tersebut tidak bisa bergerak karena padatnya lalu lintas.

"Saya inisiatif ke tengah membukakan jalan. Sebelumnya juga pernah saya bantu hal yang sama tapi untuk ambulance," ungkap Alfin.

Alfin mengaku tidak mengetahui kalau aksinya itu viral lantaran tidak memiliki sosial media.

"Tahunya dari temen di WA karena saya enggak punya Instagram. Di grup WA sekolah banyak yang ngirim juga. Padahal saya enggak sadar juga kalau divideoin sama petugasnya. Tiba-tiba muncul di mana-mana," kata Alfin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nenek Kaget

 Bahkan, neneknya sempat khawatir. Dikira aksi cucunya itu viral karena terlibat tawuran.

"Nenek awalnya kaget. Bener-bener takut kalau saya tawuran. Setelah dijelaskan kakak, baru tenang," ujar pelajar yang bercita-cita menjadi anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) ini.

Alfin juga merupakan anggota Pramuka Kwarcab Kota Bogor yang dinilai sangat sederhana. Bahkan, ia sering berangkat dan pulang sekolah dengan berjalan kaki sekitar 3 kilometer untuk menghemat uang jajan.

Karena aksinya itu, Bima Arya pun memberikan hadiah kepada Alfin berupa sepeda, sepatu, buku dan lain sebagainya.

"Ini hadiah karena telah membantu warga, hadiah karena sudah memberikan inspirasi orang banyak, memudahkan petugas. Anak-anak muda memang harus begitu. berani dalam kebaikan, membantu orang. Berjasa sekali. Terima kasih Alfin," ucap Bima kepada Alfin.

"Alfin adalah contoh baik yang mengamalkan dengan baik Dasa Darma Pramuka, kasih sayang sesama manusia, rela menolong dan juga berani. Semoga sehat selalu, terkabul cita-citanya (menjadi TNI), nanti kita ngobrol-ngobrol lagi ya," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.