Sukses

Sandiaga Dinilai Berpotensi Jadi Cawapres Dampingi Airlangga bila Gabung PPP

Menurut Ikhwan, peluang Sandiaga maju di Pilpres 2024 melalui Partai Gerindra sudah tertutup. Apalagi Gerindra secara terang-terangan mendeklarasikan Prabowo sebagai capres dan keinginan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sebagai cawapresnya.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berpeluang menjadi calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Peluang itu jika Sandiaga bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Direktur Eksekutif Indonesia Political Power Ikhwan Arif mengatakan, posisi cawapres sangat menentukan apalagi kandidat punya track record yang baik. Misalnya, punya pengalaman sebagai menteri atau background pengusaha yang punya modal logistik yang kuat.

"Jadi ini alasan PPP tertarik mendukung Sandiaga Uno sebagai Capres atau Cawapres potensial pilihannya PPP," kata Ikhwan saat dihubungi, Selasa, (17/2/2023).

Menurut Ikhwan, peluang Sandiaga maju di Pilpres 2024 melalui Partai Gerindra sudah tertutup. Apalagi Gerindra secara terang-terangan mendeklarasikan Prabowo sebagai capres dan keinginan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sebagai cawapresnya.

"Sandiaga jika direstui Pak Prabowo maju di Pilpres, besar kemungkinan akan diusung KIB sebagai cawapres potensial pilihan KIB yang akan mendampingi Ketua Umumnya Golkar Airlangga Hartarto," lanjutnya.

Oleh karena itu, Sandiaga, berpotensi diusung KIB sebagai cawapres yang akan mendampingi Airlangga. Apalagi Sandiaga punya background politik serta pengusaha yang punya modal logistik yang kuat.

"Sangat rasional ketika PPP menominasi Sandiaga untuk maju di Pilpres. Apalagi PPP tergabung dalam KIB," kata Ikhwan.

Menurutnya, jika duet Airlangga dan Sandiaga terwujud bisa saja koalisi lain akan kewalahan. Apalagi keduanya menteri pilihan Presiden Jokowi yang menurut saya akan mendapatkan restu juga dari Pak Jokowi

"Persoalan elektabilitas bisa diukur ulang," ujar Ikhwan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan PPP Jember

Sebelumnya, Sandiaga Salahudin Uno mendapat dukungan dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jember untuk maju capres pada Pilpres 2024.

”Beliau dekat dengan PPP dan silaturahim ke basis-basis PPP di Tapal Kuda seperti di Kabupaten Situbondo, Bondowoso dan Jember,” ujar Ketua DPC PPP Jember Madini Farouq, Minggu (15/1/2023).

Sandiaga menghadiri silaturahmi dan halaqoh ulama pengasuh pondok pesantren dalam rangka Harlah Emas 50 Tahun Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang dikemas dengan dialog tentang ekonomi kreatif di Pendapa Wahyawibawagraha Jember.

“Kami menyambut beliau sebagai tamu kehormatan. Kami berharap setelah ini beliau buka lagi sebagai tamu tapi sebagai bagian dari keluarga besar PPP, meskipun saat ini masih dalam proses,” paparnya.

Menurutnya, sosok Sandiaga Uno layak untuk diusung menjadi calon pemimpin nasional yang diusung oleh PPP baik sebagai calon presiden maupun calon wakil presiden.

“Kami dari Jember akan menyuarakan itu untuk mengusung Bang Sandi sebagai capres/cawapres yang akan diusung oleh PPP pada Pemilu Presiden 2024,” katanya.

Madini menjelaskan, PPP di wilayah Tapal Kuda sepakat untuk mendukung Sandiaga Uno sebagai capres atau cawapres pada Pemilu Presiden 2024, meskipun PPP di kawasan Matraman dikabarkan mendukung Ganjar Pranowo.

“Saya melihat beliau sosok muda, energik, orang yang cukup paham dengan kaum milenal, sosok religious dan agamis, sehinga layak untuk disusung dalam Pilpres 2024,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.