Sukses

Pimpinan Komisi I Apresiasi KSAD Dampingi Calon Panglima TNI Yudo Saat Fit And Proper Tes

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari menyampaikan apresiasi kepada Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang menunjukkan sikap loyalitasnya kepada calon Panglima TNI, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono.

“KSAD (Dudung Abdurachman) kompak dengan Pak Yudo (KSAL Yudo Margono) adalah bagus, mereka adalah Negarawan” ujar Kharis saat dihubungi, Selasa (6/11/2022).

Menurutnya, sudah tepat KSAD Dudung mendampingi KSAL Yudo saat uji kelayakan dan kepatutan di DPR. Sebab, KSAL Yudo diajukan sebagai pengganti Jenderal Andika Perkasa oleh Presiden Jokowi sebagai pemegang hak proregatif dan panglima tertinggi.

“Semua kepala staf selalu kompak dan loyal kepada panglima TNI,” katanya.

KSAD Dudung sebelumnya meyampaikan dukungannya kapada KSAL Yudo menjadi panglima TNI. Hal itu disampaikan kepada wartawan saat dirinya mendapingi KSAL Yudo melakukan uji kelayakan dan kepatuhan di Komisi I DPR RI beberapa hari yang lalu.

“Selama Pak Yudo sudah melaksanakan fit and proper test dengan baik, dan intinya nanti beliau menjadi Panglima TNI, saya akan mendukung sebagai KSAD,” tegas Dudung.

Dudung juga menegaskan bahwa TNI akan semakin solid dan kompak di bawah kepemimpinan Yudo.

“Iya pasti solid,” tegas Jenderal Dudung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Gelar Paripurna Tunggal

DPR RI akan menggelar rapat paripurna tunggal dengan agenda pengesahan Laksamana Yudo Margono menjadi Panglima TNI. Wakil Ketua DPR RI Leodewijk F Paulus mengatakan, paripurna itu akan digelar dalam waktu dekat atau sebelum masa sidang tahun ini berakhir 15 Desember 2022.

"Kita kan sudah punya jadwal ya, insyaallah kita setelah ini masih ada dua rapurna lagi. Insyaallah dalam waktu dekat ya, kita akan rapurnakan. Jadi acara tunggal hanya untuk Panglima TNI ya," kata Leodewijk di kompleks parlemen Senayan, Selasa (6/12/2022).

Leodewijk menyebut paripurna akan digelar pekan depan dan hanya berisi satu agenda saja.

"Untuk nanti rapurna khusus untuk pengesahan Panglima TNI, itu hanya satu rapurna untuk khusus Panglima TNI, acara tunggal. Insyaallah minggu depan kali ya, insyaallah ya. Biasanya kita juga nyari hari-hari baiklah," kata dia.

Sebelumnya, Komisi I DPR menyetujui Laksamana Yudo Margono menjadi Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa. Persetujuan itu didapatkan usai fit and proper test yang digelar Jumat 2 Desember 2022.

"Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI," kata Ketua Komisi I Meutya Hafid, Jumat 2 Desember 2022.

"Setuju," jawab anggota komisi I.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS