Sukses

Pengunjung TMII Kini Dilindungi Asuransi

Liputan6.com, Jakarta Taman Mini Indonesia Indah (TMII) telah meremajakan wajah taman hiburan dengan luas kurang lebih 150 hektare itu.

Diharapkan dengan revitalisasi tersebut, TMII sebagai etalese keragaman budaya ini diharapkan bisa mencerminkan kecantikan Indonesia.

Hal ini merupakan pengutusan dari Presiden Joko Widodo alias Jokowi kepada Kementerian PUPR untuk melaksanakan pembangunan infrastruktur dalam rangka mendukung penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Sebagai destinasi pariwisata budaya di Indonesia, TMII menjadi salah satu destinasi yang merepresentasikan darkeanekaragaman dan kebhinekaan di Indonesia, serta menggambarkan kekayaan budaya di Indonesia dengan mengusung konsep destinasi wisata rakyat yang Inklusif, Green dan Smart.

Dengan konsep baru ini pengunjung juga membutuhkan perlindungan sebagai upaya untuk memberikan keamanan serta kenyamanan saat berwisata dari kemungkinan risiko yang terjadi secara tiba-tiba selama berada di wilayah TMII.

Maka dari itu PT Asuransi Jasaraharja Putera menjalin kerja sama dalam mengelola TMII khususnya untuk penyedia jasa asuransi public liability bagi pengunjung dengan mekanisme host to host. Selain itu ada juga asuransi property all risk untuk aset-aset yang dapat dimanfaatkan bagi mitra yang beroperasi di TMII untuk menggunakan jasa asuransi dari PT Jasaraharja Putera.

“PT Jasaraharja Putera ingin memberikan penguatan terhadap hubungan kemitraan dengan PT TWC selaku pengelola TMII dalam konteks pelaksanaan penutupan Asuransi Public Liability, yang merupakan salah satu fokus bisnis PT Jasaraharja Putera saat ini” ujar Direksi PT Jasaraharja Putera Abdul Haris dalam keterangannya, Sabtu (18/11/2022).

Dengan memanfaatkan sinergi dan kolaborasi, kini PT Jasaraharja Putera atau JRP Insurance kini menjadi mitra asuransi untuk wajah baru TMII dengan mengembangkan Digital Tourism Service Platform atau sistem platform digital untuk branding produk destinasi wisata dan produk asuransi keselamatan wisatawan dalam satu platform digital.

“Saat ini, eksistensi TMII sebagai objek wisata berkelas international, dan sebagai partner PT Taman Wisata Candi Boroudur, Prambanan, dan Ratu Boko, kami Jasaraharja Putera berkomitmen memberikan perlindungan asuransi bagi pengunjung TMII terutama risiko meninggal dunia akibat kecelakaan, cacat tetap akibat kecelakaan serta biaya perawatan yang terjadi di wilayah TMII” kata Direktur Pemasaran PT Jasaraharja Putera Imam Hendrawan.

Revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang dimulai sejak bulan Januari 2022 sudah selesai dilaksanakan. Saat ini TMII sedang masa uji coba terbatas dengan diberlakukan kuota kunjungan.

Antusiasme masyarakat terhadap uji coba terbatas destinasi wisata Taman Mini Indonesia Indah sangat tinggi. Hal ini terpantau dari data pembelian tiket secara online yang masuk sejak hari pertama diterapkannya Uji Coba Terbatas TMII, sampai dengan Jumat ini.

 

 

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Penglolaan TMII

Pengelolaan TMII ini dijalankan PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau Injourney dan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (PT TWC).

Wakil Menteri BUMN II Kementerian BUMN Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan, revitalisasi Wajah Baru TMII ini menjadi wujud kebersamaan dalam Kebhinekaan Bangsa Indonesia.

TMII memiliki peran sebagai contoh bagi dunia tentang cara melestarikan sekaligus merepresentasikan kebudayaan Bangsa Indonesia, sehingga budaya-budaya daerah di Indonesia dapat semakin dikenal dan memberikan nilai edukasi kepada masyarakat.

"Untuk itu, diperlukan sinergitas yang baik antar pemangku kepentingan (stakeholder) dalam pengembangan Taman Mini Indonesia Indah”, kata dia, Jumat (25/11/2022).

Di bawah Kementerian BUMN, TWC selaku pengelola destinasi TMII sebagai Indonesia Heritage Management di bawah naungan Injourney berkomitmen penuh dalam pengelolaan destinasi heritage and culture yang berkelanjutan dan berkualitas, untuk menghadirkan destinasi yang inspiratif, atraktif dan edukatif.

Adapun sarana dan prasarana yang direvitalisasi di TMII meliputi: Penataan area gedung utama, renovasi joglo (Sasono Utomo, Sasono Langen Budoyo, dan Sasono Adiguno); renovasi museum, penataan lanskap anjungan dan pedestrian, penataan outer ring (halte), area parkir, dan gedung pengelola.

Penataan lanskap pulau-pulau di danau Archipelago (pedestrian anjungan, Amphitheater, dan promenade); renovasi eks Theater Garuda, eks Museum Telkom dan Keong Emas; Penataan Lanskap Pedestrian Anjungan, Viewing Tower, Pembangunan Community Center dan Struktur Parkir (Elevated).

Dalam proses berbenah, Kementerian BUMN melakukan sinergi dan kolaborasi dengan Kementerian lain dan para stakeholder, untuk peningkatan kualitas destinasi. Kolaborasi dilakukan dengan BNI, BRI, Bank Mandiri, INKA dan TELKOM untuk mendukung pengembangan destinasi TMII dibidang Art & Cultural, Flagship Archipelago, Electric Vehicle Transportation dan Open Air Stage.

Pembenahan dilakukan dalam berbagai lini, seperti perbaikan sistem online ticketing, penambahan jumlah Electric Vehicle, pembenahan fasilitas lain, dan sebagainya. Besar harapan, wisatawan akan merasa lebih nyaman saat berkunjung ke destinasi wisata TMII, sebelum kedatangan, saat kedatangan dan setelah meninggalkan TMII.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS