Sukses

Imbas Hujan Deras, Rumah Warga di Depok Terkena Longsor

Hujan deras yang terjadi pada Sabtu (10/9/2022) menyebabkan longsor di Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras yang terjadi pada Sabtu (10/9/2022) menyebabkan longsor di Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok. Satu rumah milik Cecep terkena dampak akibat longsor yang merusak bagian dapur rumahnya.

Lurah Baktijaya, Fajar Mei Hendri mengatakan, curah hujan yang tinggi sejak Sabtu kemarin sore hingga malam, menyebabkan tanah longsor di wilayahnya. Terdapat satu rumah terdampak longsor milik Cecep syarifudin di RT9/20.

“Hanya satu rumah tapi kerusakannya cukup parah,” ujar Fajar saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (11/9/2022).

Fajar menjelaskan, kejadian sekitar pukul 18.00 WIB, pada saat itu tanah dibagian belakang rumah Cecep tidak kuat menahan curah hujan. Apalagi saluran air lingkungan di dekat rumah korban tersumbat karena dipenuhi sampah.

“Akibat dorongan air menyebabkan tanah longsor dan mengenai belakang rumah milik Cecep,” jelas Fajar.

Dorongan tanah longsor menyebabkan dinding belakang rumah Cecep rusak menyebabkan dapur rumah Cecep berlubang. Lubang pada bagian belakang rumah Cecep memiliki diameter sekitar tiga meter, serta sampah dan tanah masuk ke dalam rumah.

“Rumahnya kan berada di kontur tanah yang miring ditambah tidak ada pondasi karena belakangnya itu kebun, jadilah longsor terdorong air hujan,” ucap Fajar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2 Korban Luka-Luka

Fajar mengungkapkan, musibah tanah longsor tidak menyebabkan korban luka dikarenakan Cecep tinggal sendiri di rumahnya. Begitupun pada saat kejadian Cecep sedang berada di kamar mandi jadi terhindar dari musibah itu.

“Waktu kejadian Pak Cecep sedang mau ambil air wudhu karena mau salat Maghrib,” ungkap Fajar.

Fajar menuturkan, atas kejadian longsor telah melaporkan kepada dinas terkait untuk melakukan penanganan sementara. Selain itu, Tagana Kota Depok telah memberikan bantuan pangan sementara dan membersihkan rumah Cecep yang dipenuhi tanah dan sampah.

“Iya sudah ada bantuan yang datang dan tanah yang masuk ke dalam rumah sudah dibersihkan,” pungkas Fajar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.