Sukses

Jokowi Akan Luncurkan Food Estate di Gresik Hari Ini

Jokowi akan melanjutkan agenda kunker di Jawa Timur dengan peluncuran food estate di Kecamatan Panceng, Gresik.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana melanjutkan rangkaian kunjungan kerja (Kunker) hari kedua di Provinsi Jawa Timur, Senin (22/8/2022).

Jokowi diagendakan meluncurkan lumbung pangan (food estate) berbasis mangga dan taksi alsintan di Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Setelah itu, Jokowi akan menuju ke Pasar Larangan Kabupaten Sidoarjo untuk menyerahkan sejumlah bantuan sosial bagi para penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) dan para pedagang.

Selanjutnya, dia dijadwalkan menuju GOR Delta Sidoarjo untuk menyerahkan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat. Total ada 3.000 sertifikat bagi masyarakat dari Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten dan Kota Malang, dan Kabupaten Gresik yang diserahkan Jokowi.

Jokowi dan Iriana dijadwalkan akan kembali ke Jakarta pada sore harinya. Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan kerja kali ini yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Sebagai informasi, Indonesia saat ini memiliki tiga lokasi food estate yang terletak di Pulang Pisau Kalimantan Tengah, Sumatera Utara, dan Kabupaten Sumba Tengah NTT. Jokowi berharap kehadiran food estate tersebut dapat membangun ketahanan pangan nasional.

"Saya rasa kalau ini kita kerjakan, saya yakin food estate yang ada di Kalteng, food estate yang ada di Sumut dan juga food estate yang ada di NTT ini akan bisa kita membangun ketahanan pangan yang baik untuk negara kita dan nanti akan kita fotocopy untuk juga di provinsi yang lain yang memiliki kesiapan," kata Jokowi usai meninjau langsung Food Estate di Kabupaten Sumba Tengah NTT, Selasa 23 Februari 2021.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Bertemu Relawan di Surabaya

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyempatkan diri menghadiri kegiatan relawan Sapulidi di Surabaya, Jawa Timur. Dalam kesempatan itu, Jokowi meminta para relawannya untuk tetap santai dan tidak buru-buru memikirkan calon presiden (Capres) 2024.

"Banyak yang bisik-bisik ke saya, ‘Pak niki dukung sinten nggeh?’ (pak ini dukung siapa ya?), lalu saya jawab santai mawon, ojok kesusu (santai saja, jangan buru-buru). Ojok ngante keliru (jangan sampai salah)," ujar Jokowi di sela sambutannya saat menghadiri kegiatan relawan "Sapulidi" di Surabaya, Minggu (21/8/2022).

Kegiatan bertajuk "2024 Satu Komando Ikut Pak Jokowi" ini diselenggarakan di Stadion Gelora 10 November Surabaya dan dihadiri ribuan massa.

Menurut Jokowi, Pemilihan Presiden 2024 masih jauh, sehingga tidak perlu ditentukan sekarang siapa yang akan diusung.

"Yang penting sekarang urusan ekonomi diselesaikan dulu secara bersama-sama," ucap orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi meminta para relawan untuk selalu menjaga silaturahim, bersatu dan kompak agar tidak keliru menentukan pemimpin di masa depan.

"Sapulidi ini adalah kapal besar yang memiliki banyak massa. Oleh sebab itu sebagai penumpang harus kompak, erat berangkulan dan menjaga persatuan," kata dia.

"Yang paling penting harus solid dan terus menjaga komunikasi di antara kita," tambah Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.