Sukses

Kemenag: Jemaah Haji 2022 yang Pulang ke Tanah Air Tidak Dikarantina

Kementerian Agama (Kemenag) memastikan jemaah haji 2022 tidak dikarantina begitu tiba di Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Agama (Kemenag) memastikan jemaah haji 2022 tidak dikarantina begitu tiba di Tanah Air. Hal itu diungkap oleh Kepala Biro Humas, Data dan Informasi Kementerian Agama Akhmad Fauzin.

"Mereka sudah diterima oleh petugas di embarkasi, debarkasi. Mereka juga mendapat penerimaan dan mereka datang tidak ada karantina," ujar Fauzin kepada Tim MCH, Makkah, Minggu 17 Juli 2022.

Jemaah haji selama 21 hari dipantau kesehatannya. Kalau ditemukan ada yang deman dan terkena penyakit menular, maka akan masuk ke pantauan dokter atau puskesmas setempat.

"Jadi kita pastikan jemaah haji tidak ada karantina setelah penyelenggaraan ibadah haji atau setelah kembali datang ke Indonesia," kata Fauzin.

Dia menambahkan, gelombang kedua haji di Makkah akan menuju Madinah pada 21 Juli 2022. Mereka akan didorong ke Madinah sehingga jemaah gelombang 2 ini akan ke Indonesia sampai sekitar 13 Agustus 2022.

"Untuk penerbangan terakhir, insyaallah Gus Menteri akan ke tanah suci kembali untuk melepas kepulangan kloter terakhir, insyaallah," tandas Fauzin.

Terlaksana dengan Baik

Kementerian Agama (Kemenag) menyebut, kegiatan penyelenggaraan ibadah haji 2022 terlaksana dengan baik. Hampir seluruh jemaah menyatakan sangat puas terhadap penyelenggaraan ibadah haji yang dilakukan Kemenag atau pemerintah RI.

"Alhamdulilah kegiatan penyelenggaraan ibadah haji di tahun 2022 masehi yang semuanya segalanya spesial di kondisi yang spesial itu ternyata terlaksana dengan baik," ujar Kepala Biro Humas, Data dan Informasi Kementerian Agama Akhmad Fauzin kepada Tim MCH, Minggu (17/7/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komitmen

Fauzin menerangkan, Kemenag berkomitmen memberi layanan kepada jemaah haji Indonesia. Supaya mereka lebih nyaman dan otomatis menjadi haji mabrur yang menjadi harapan semua jemaah ketika menunaikan ibadah haji. Serta, di Tanah Air tercipta kondusif dan aman, kemudian masyarakat harmonis.

Dia mengatakan, nantinya Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas akan menyampaikan seluruh penyelenggaraan ibadah haji kepada Presiden Jokowi. Menag pun pulang ke Tanah Air hari ini. 

Fauzin menambahkan, gelombang kedua haji di Makkah akan menuju Madinah sekitar 21 Juli 2022. Mereka akan didorong ke Madinah sehingga jemaah gelombang 2 ini akan ke Indonesia sampai sekitar 13 Agustus 2022.

"Untuk penerbangan terakhir, isnyaallah Gus Menteri akan ke Tanah Suci kembali untuk melepas kepulangan kloter terakhir, insyaallah," tandas Fauzin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.