Sukses

Jokowi Siap Buka Agenda Tahapan Awal Pemilu 2024 Pada Juni Mendatang

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy’ari, memastikan, tahapan Pemilu 2024 akan dimulai sejak bulan depan, atau tepatnya pada 14 Juni 2022. Hasyim pun memastikan, pihaknya sudah bersiap untuk menyambut hal itu dengan sejumlah rapat koordinasi atau rakor antar KPU provinsi.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy’ari, memastikan, tahapan Pemilu 2024 akan dimulai sejak bulan depan, atau tepatnya pada 14 Juni 2022. Hasyim pun memastikan, pihaknya sudah bersiap untuk menyambut hal itu dengan sejumlah rapat koordinasi atau rakor antar KPU provinsi.

“Kami akan menyelenggarakan rakor, melibatkan dengan KPU provinsi untuk memastikan KPU siap menyelenggarakan Pemilu,” yakin Hasyim saat jumpa pers di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (30/5/2022).

Selain itu, lanjut Hasyim, pihak KPU pusat juga sudah bertemu dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam memastikan tahapan awal akan berjalan lancar. Kepada Hasyim, Jokowi pun siap untuk bisa hadir dalam gelar pembukaan acara tahapan awal dimulainya Pemilu 2024 pada 14 Juni 2022.

“Kami mengundang presiden untuk memberikan sambutan dalam rangka untuk peluncuran dimulainya tahapan Pemilu. Presiden menyambut baik dan akan diagendakan hadir,” jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dukungan Penuh

Hasyim juga mengungkap, dukungan penuh diberikan Presiden Jokowi terlait keperluan kebutuhan KPU baik dari sisi regulasi dan pendanaan / pembiayaan Pemilu 2024.

Sebab diketahui, terdapat beberapa regulasi yang untuk Pemilu yang berpayung hukum peraturan presiden atau instruksi presiden.

“Jadi presiden memberi kesanggupan dan dukungan bila memang diperlukan instrumen hukum itu,” tutur Hasyim.

3 dari 3 halaman

Anggaran

Terkait anggaran dana Pemilu yang disepakati dengan Komisi II DPR RI sebesar Rp76 triliun, Presiden Jokowi juga memberikan dukungan dan akan mendorong Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk memberikan atensinya.

“Presiden juga akan memberi instruksi kepada menkeu untuk memberi dukungan tentang pembiayaan dan pendanaan pemilu 2024,” Hasyim menutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Pemilihan umum legislatif yang disingkat sebagai Pemilu tahun 2024 akan mulai dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

    Pemilu 2024

  • KPU