Sukses

Elon Musk Tiba di Bali Minggu 19 Mei, Bakal Resmikan Starlink Bareng Jokowi

Elon Musk akan tiba di Bali, Minggu 19 Mei 2024 nanti. Menyusul rencana peluncuran layanan internet Starlink.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan bos SpaceX, Elon Musk akan tiba di Bali, Minggu 19 Mei 2024 nanti. Menyusul rencana peluncuran layanan internet Starlink.

Diketahui, ada rencana peluncuran layanan internet Starlink dilakukan di sela-sela agenda World Water Forum 2024 di Bali. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan turut meresmikan bersama Elon Musk.

"Oiya hari Minggu dia datang, mudah-mudahan tidak ada perubahan," ujar Menko Luhut usai meninjau pengamanan WWF di Bali, Jumat (17/5/2024).

Luncurkan di Puskesmas

Terkait lokasi peluncuran layanan internet Starlink, dia belum berbicara banyak. Namun, disebutkan lokasinya berada di salah satu puskesmas di Denpasar, Bali.

"Ada sudah di puskesmas di Denpasar," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo bersama bos SpaceX, Elon Musk bakal meluncurkan layanan internet satelit Starlink pada Minggu, 19 Mei 2024.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dalam acara Rapat Kerja Teknis Bareskrim Polri di Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (14/5/2024).

Luhut mengatakan, peluncuran Starlink oleh Jokowi dan Elon Musk akan dilakukan di sela-sela kegiatan World Water Forum (WWF) 2024 di Bali.

"Elon Musk nanti juga akan meresmikan (bersama) Presiden mengenai Starlink, yaitu untuk mempermudah komunikasi kita di daerah-daerah terpencil. Akan dilakukan nanti pada hari Minggu," ujar Luhut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadi Pembicara di WWF 2024 Bali

Tak hanya meluncurkan Starlink, Elon Musk pun dijadwalkan bakal jadi salah satu pembicara di WWF 2024 Bali.

"Nanti juga Elon diundang sebagai pembicara publik di pembukaan dari WWF," imbuh Luhut.

Pernyataan ini sekaligus mengkonfirmasi omongan Luhut sebelumnya, yang bilang Starlink bakal segera beroperasi di Indonesia pada pertengahan Mei 2024.

"Secara resmi, kami akan meluncurkan Starlink dalam waktu dua minggu dari sekarang," ujar Luhut beberapa waktu lalu.

 

3 dari 3 halaman

Dampak ke Indonesia

Menurut dia, peluncuran Starlink ini akan berdampak baik bagi Indonesia. Pasalnya, menurut dia, ada banyak blink spot atau wilayah yang tak terkover internet di Indonesia. Titik-titik ini membutuhkan akses internet.

Bahkan Luhut menuturkan, saat ini Indonesia bersama Starlink telah menandatangani kesepakatan dan lisensi untuk mengoperasikan layanan internet Starlink di Indonesia.

Luhut mengaku sudah berbicara dengan Elon Musk terkait dengan operasional Starlink di Indonesia.

"Saya sudah berbicara dengan Elon Musk hari ini, tiga hari yang lalu. Kami akan melakukan sesuatu, namun belum secara resmi kami umumkan. Saya rasa, kami akan mengumumkan hal itu di Bali secepatnya," tutur Luhut Binsar Pandjaitan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini