Sukses

Mengenal Rara Istiati Wulandari, Pawang Hujan yang Viral Saat MotoGP Mandalika

Selain MotoGP Mandalika, Rara Istiati Wulandari pernah berperan sebagai pawang hujan saat Asian Games 2018 lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Putaran kedua MotoGP telah digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok dalam tajuk Pertamina Grand Prix of Indonesia, Minggu, 20 Maret 2022 kemarin. Balapan pertama MotoGP di Indonesia setelah 25 tahun tersebut sempat mengalami penundaan akibat hujan lebat mengguyur Mandalika jelang start. 

Namun, hujan deras yang mengguyur tersebut mendatangkan cerita unik. Sosok pawang hujan muncul dan mulai beraksi mengusir awan hujan dari wilayah sirkuit Mandalika. 

Kehadirannya sontak menjadi perhatian banyak orang yang menyaksikan balapan tersebut. Sosok pawang hujan itu bernama Rara Istiati Wulandari. Dia dianggap berperan dalam menjaga kondisi cuaca di arena sirkuit. 

Koordinator Sirkuit Mandalika dari MGPA, Denny Pribadi menjelaskan keterlibatan Rara dalam Mandalika GP. 

"Pawang hujan memang identik mengusir hujan atau memindahkan hujan. Padahal kadang kita perlu hujan juga supaya trek dingin, tidak panas. Udaranya ini kan enak sekali panas, mendung tidak selalu panas dan tidak hujan memang hujan," ungkapnya.  

Denny turut menjelaskan bagaimana Rara beraksi dengan menaruh sesajen di sekitaran sirkuit. 

"Sebelum event, Mbak Rara muter. Nanti dia menyimpan sesajen di mana, seperti di pintu race control, di tempat start, dan di dalam," lanjut Denny.

Lantas, siapa sosok Rara, sang pawang hujan di ajang balap motor dunia, MotoGP Mandalika yang mencuri perhatian? Berikut sederet fakta menarik tentang dirinya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Sosok yang Humble

Mbak Rara, menurut Denny, merupakan sosok yang humble. Dia menjelaskan bahwa sesajen tersebut rupanya dibagikan ke orang-orang.

"Kalau sudah selesai sesajennya itu dibagi-bagi. Kan ada buah-buahan. Mbaknya itu sangat humble. Bekasnya sesajen itu ternyata tidak apa-apa, padahal kalau orang awam itu takut, bekasnya sesajen itu bakal sakit perut atau hal lainnya," tutur Denny.

3 dari 5 halaman

2. Tidak Hanya di Mandalika

Peran Rara menjadi pawang hujan ternyata tidak hanya di Mandalika ini saja. Wanita indigo asal Bali ini juga pernah berperan saat Asian Games 2018 lalu.

Dia juga pernah membantu tim Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) untuk mengevakuasi korban kecelakaan Sriwijaya Air. Tak heran jika sosok Rara Istiati jadi langganan acara penting kenegaraan dan lainnya.

4 dari 5 halaman

3. Pawang Hujan di Kampanye Jokowi

Sebelum melakukannya untuk beberapa acara kenegaraan, sosok Rara Wulandari ternyata sebelumnya sempat menjadi pawang hujan di acara kampanye Presiden Joko Widodo.

Hal inilah yang menjadikannya pawang hujan andalan para pejabat pemerintah.

5 dari 5 halaman

4. Dikomentari Akun MotoGP dan Ditiru Quartararo

Aksi Mbak Rara di Mandalika GP turut menjadi perhatian penggemar MotoGP. Bahkan akun Twitter resmi MotoGP mengunggah foto Rara yang tengah beraksi di tengah guyuran hujan.

Ekspresi Rara yang membawa cawan emas dan mengenakan helm proyek menjadi bukti bahwa dia benar-benar melaksanakan tugasnya dengan sepenuh hati.

"THANK YOU for stopping the rain!," tulis akun twitter resmi MotoGP, seperti dilihat Liputan6.com, Senin (21/3/2022).

Bahkan akun resmi MotoGP menyorot aksi Rara hingga beberapa kali.

"The Master, IT WORKED," cuit MotoGP dengan menampilkan video Rara yang tengah memegang cawan dan dupa di tangannya.

Tidak hanya akun MotoGP, perhatian para pembalap juga turut tertuju kepada aksi Rara. Fabio Quartararo bahkan tertangkap kamera menirukan gaya sang pawang menghentikan hujan sambil memegang sendok dan mangkok kecil dengan penuh tawa.

 

 Rifqy Sakti Pratama

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.