Sukses

5 Fakta Pemerasan Modus Pura-Pura Terserempet Mobil di Pasar Rebo

Pelaku pemeresan di Jalan TB Simatupang dengan pengendara mobil sempat adu mulut di Plaza PP, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Kejahatan terus terjadi, berbagai macam modus dilakukan. Baru-baru ini, viral di media sosial video modus kejahatan pura-pura terserempet mobil di Pasar Rebo, Jakarta Timur yang diunggah oleh akun instagram @fakta.indo pada Jumat, 28 Januari 2022. 

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Budi Sartono membenarkan adanya kejadian tersebut. Saat ini pelaku sedang dalam pemeriksaan dan saksi-saksi yang ada ditempat kejadian sudah diperiksa.

"Jadi hari Rabu memang benar ada kejadian terduga tersangka pemerasan dengan pura-pura terinjak ataupun terserempet oleh mobil itu sudah kita periksa seluruh saksi-saksi yang berada di Tempat Kejadian Perkara (TKP) termasuk tukang ojek yang sempat mengantarkan kembali lagi pelaku itu," kata Budi dalam keterangannya, Minggu (30/1/2022).

Lalu bagaimana kelanjutan lebih dalam mengenai kasus tersebut? Berikut sederet fakta di balik modus kejahatan berpura-pura terserempet mobil di Pasar Rebo, Jakarta Timur yang dihimpun Liputan6.com :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Berpura-pura Jadi Korban Tabrak Lari

Seorang pria membuat heboh dunia maya. Bukan karena prestasinya, melainkan diduga pura-pura menjadi korban tabrak lari, serta meneriaki maling kepada seorang pengendara mobil.

Video yang memerlihatkan kejadian ini diunggah oleh akun Instagram @fakta.indo pada Jumat, 28 Januari 2022.

Awalnya terlihat ada seorang pria yang tengah dibonceng motor terus menunjuk dan meneriaki mobil perekam video. Kemudian pengendara motor memelankan laju kendaraannya dan pria tadi langsung turun dan berlari ke depan mobil.

Anehnya pria itu langsung memegangi lututnya dan berjalan pincang. Padahal sebelumnya ia bisa berlari. Ia juga terus-terusan menunjuk si pengemudi mobil dan memprovokasi warga sekitar.

"Tadi lari sekarang begitu," kata pengemudi mobil.

Seorang pria yang ada di lokasi pun tampak mendekati pengendara mobil. Sejurus kemudian penumpang langsung membuka kaca mobil dan menjelaskan bahwa pria tadi berbohong. 

"Bohong itu," kata perekam video.

 

3 dari 6 halaman

2. Kronologi

Kejadian viral ini direkam oleh salah satu penumpang dari dalam mobil di Jalan Pasar Rebo, Jakarta Timur pada Rabu, 26 Januari 2022 sekitar pukul 10.30 WIB.

Budi menuturkan, pelaku dengan pengendara mobil sempat adu mulut di Plaza PP, Jalan TB Simatupang, Pasar Rebo Jakarta Timur.

Saat itu, kata Budi, tangan pelaku sempat masuk ke dalam kaca jendela mobil. Akibat aksi nekatnya itu pun, pelaku sempat terseret kurang lebih 30 meter.

"Kemudian lepas setelah itu tersangka terduduk dan akhirnya nyeberang ke pinggir jalan naik motor," ujar Budi.

Budi menerangkan, pengemudi mobil langsung pergi meninggalkan pelaku begitu saja. Budi menyebut, pengemudi mobil sempat diberitahu warga bahwa itu ada modus pemerasan.

"Pengemudi tidak mau terprovokasi dan dapat imbauan dari masyarakat bahwa itu adalah modus pelaku yang ingin melakukan pemerasan," terang Budi.

 

4 dari 6 halaman

3. Korban Tidak Buat Laporan Polisi

Sebelumnya korban tidak membuat laporan kejadian ini ke polisi. Namun, karena identitas sudah jelas jadi dilakukan pencarian.

Kasus ini menjadi perhatian Unit Reskrim Polsek Pasar Rebo bekerjasama dengan Satreskrim Polres Metro Jakarta Timur.

"Korban tidak membuat laporan tapi tetap akan kita lakukan pencarian ya. Karena walaupun korban tidak melakukan laporan tetapi karena identitas sudah jelas muka sudah jelas tetap kita lakukan pencarian," ungkap Budi.

 

5 dari 6 halaman

4. Pelaku Sudah Ditangkap

Budi mengungkapkan bahwa pelaku sudah diringkus oleh Satreskrim Polres Metro Jakarta Timur bersama Unit Reskrim Polsek Pasar Rebo.

"Pelaku telah ditangkap," kata Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Budi Sartono dalam keterangannya, Minggu (30/1/2022).

Meski Budi belum menjelaskan rinci kronologi penangkapan pelaku, saat ini pelaku sedang menjalani pemeriksaan.

"Sekarang sedang kami dilakukan pemeriksaan. Nanti dirilis (lengkapnya)," ujar Budi.

 

6 dari 6 halaman

5. Sejumlah Saksi Telah Diperiksa

Budi menyebut, penyidik telah memeriksa beberapa orang saksi yang berada di lokasi. Termasuk, tukang ojek yang mengantarkan pelaku mengejar mobil yang ditumpangi perekam.

"Jadi hari Rabu memang benar ada kejadian terduga tersangka pemerasan dengan pura-pura terinjak ataupun terserempet oleh mobil itu sudah kita periksa seluruh saksi-saksi yang berada di Tempat Kejadian Perkara (TKP) termasuk tukang ojek yang sempat mengantarkan kembali lagi pelaku itu," kata Budi dalam keterangannya, Minggu (30/1/2022) 

 

Elsa Usmiati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.