Sukses

Penerbang Paralayang Tersangkut Pohon Saat Berlatih di Puncak Bogor

Liputan6.com, Jakarta - Seorang penerbang paralayang tersangkut di atas pohon saat latihan di Paralayang Bukit Gantole Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Kamis (25/11/2021). Mulanya, penerbang bernama Ayu sedang melakukan latihan paragliding di Bukit Gantole Puncak sekitar pukul 10.00 WIB.

Tiba-tiba angin berembus kencang dari arah kanan hingga membuatnya tidak dapat mendarat tepat pada sasaran. Parasut Ayu terhempas hingga tersangkut di pohon.

Setelah tergantung empat jam lebih, calon atlet paralayang asal Jakarta ini akhirnya berhasil dievakuasi dari atas pohon oleh rescue dan petugas Damkar Kabupaten Bogor.

"Kemungkinan saat mau landing susah belok karena kebawa angin. Paralayang itu kalau mau ke titik landing tergantung angin. Tadi saya sudah teriak-teriak dari radio tahan ke kanan," terang Koordinator Landing, Gunung Mas, Saeful.

Instruktur Paralayang, Gendon mengungkapkan, insiden terjadi karena angin berembus kencang dari arah berbeda. Sehingga pada saat penerbang hendak mengambil posisi mendarat, dia harus mengubah posisi biasanya.

"Penerbang kaget karena ada angin yang tidak seperti biasanya, jadi dalam posisi yang salah," ucap Gendon.

2 dari 3 halaman

Keamanan dan Perlengkapan Sesuai Standar

Dari segi keamanan dan perlengkapan pendukung paragliding, lanjut Gendon, sudah sesuai standar. Bahkan, kondisi kesehatan Ayu pun cukup baik saat akan berlatih olahraga paralayang.

"Sudah pasti safety, dan memang itu harus diutamakan. Kejadian ini karena faktor cuaca saja," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Baru Pertama Kali Mengalami

Sementara itu, penerbang paralayang, Ayu, mengaku selama melakukan 70 kali latihan paralayang, baru kali ini ia mengalami kejadian ini.

"Saya masih bingung, kok angin tiba-tiba berubah arah saat mau masuk titik landing," ucap Ayu.