Sukses

12.469 Total Pengunjung TMII di Hari Pertama Lebaran

Liputan6.com, Jakarta Kepala Bagian Humas Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Adi Widodo mengatakan ribuan warga mengunjungi lokasi wisatanya pada Kamis 13 Mei 2021 atau hari pertama Lebaran.

"Jumlah pengunjung yang masuk TMII hingga Pukul 20.00 WIB sebanyak 12.469 orang," kata Adi saat dikonfirmasi, Jumat (14/5/2021).

Untuk jumlah kendaraan yang masuk ke dalam TMII jumlah yakni sebanyak satu bus, 1.475 mobil dan 2.207 motor.

Pihak TMII pun memberi apresiasi bagi para pengunjung yang senantiasa mematuhi protokol kesehatan, meskipun tak juga yang mengindahkannya.

"Pada kerumuman kita pisahkan dengan membagi rombongan dengan jarak yang cukup berjauhan. Kadang dengan tak segan melalui pengeras suara kita ingatkan kepada pengunjung yang tidak memakai masker dengan benar, biasanya mereka ini pesepeda dan pemotor," kata Adi.

 

2 dari 3 halaman

Klaim Tetap Jalankan Protokol Kesehatan

Adi menjelaskan, dalam situasi normal kapasitas pengunjung TMII mencapai 60 ribu orang. Namun ditengah pandemi Covid-19 pengunjung hanya diperbolehkan sebesar 30 persen atau maksimal 18 ribu orang.

Walaupun demikian, kata Adi, pihaknya telah menyiapkan beberapa langkah untuk memastikan penerapan protokol kesehatan kepada para pengunjung. Salah satunya kata Adi, adalah pengaturan keluar masuk pengunjung agar tak melebihi kapasitas di TMII.

"Misal jam 3 kita sampai 18 ribu maka akan kita tutup akses masuk setelah berkurang yang di dalam akan kita buka kembali," tuturnya.

Kemudian kata dia, pihanya mengerahkan 200 petugas dilokasi untuk memastikan penerapan prokes di masyarakat. Ia mengklaim langkah tersebut sudah efektif dilakukan.

"Jadi dengan jumlah pengunjung 10 ribu ya kita imbau jangan bergerombol karena areal kita masih cukup luas menikmati rekreasi," ucap Adi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: