Sukses

Uji Coba Flyover Tanjung Barat dan Lenteng Agung Diperpanjang

Adanya kedua flyover tersebut dapat mengurangi kemacetan atau kepadatan kendaraan yang biasa terjadi.

Liputan6.com, Jakarta Dinas Bina Marga DKI Jakarta memperpanjang masa uji coba Flyover Tanjung Barat dan Lenteng Agung. Periode perpanjangan uji coba flyover tapal kuda ini berlaku sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi sementara, adanya kedua flyover tersebut dapat mengurangi kemacetan atau kepadatan kendaraan yang biasa terjadi.

"Flyover ini memudahkan kendaraan yang ingin berputar balik di kedua ruas jalan tersebut. Masih berlaku uji coba sambil menyelesaikan JPO-nya. Berdasarkan pengamatan sudah ada beberapa catatan yang harus dikerjakan dan dikoordinasikan dengan SKPD terkait," ujarnya, Selasa (13/4/2021).

Hari menjelaskan, Dinas Bina Marga DKI Jakarta terus mengamati dan mengevaluasi pergerakan mobil, keamanan dan kenyamanan pengendara yang melintas di Flyover Lenteng Agung dan Tanjung Barat untuk kemudian dievaluasi.

"Adanya flyover ini diharapkan mengurangi kemacetan lalu lintas yang biasa terjadi karena antrean kendaraan yang akan menyeberangi perlintasan kereta serta memperpendek jarak kendaraan yang biasanya berputar di atas rel KA," tegasnya seperti dikutip BeritaJakarta.co.id.

Hari menjelaskan, sepeda motor dapat melintas di atas flyover dengan pembatasan kecepatan. Selain itu, Dinas Bina Marga DKI Jakarta juga memasang closed circuit television (CCTV) di flyover untuk memantau arus kendaraan yang melintas.

"CCTV juga kami pasang di area JPO untuk memantau kemungkinan tindak kejahatan yang terjadi dan vandalisme di area atas JPO," terangnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Evaluasi dan Penyempurnaan

Flyover Tanjung Barat dan Lenteng Agung akan ditutup kembali setelah uji coba untuk dilakukan evaluasi dan penyempurnaan konstruksi untuk menambah keamanan serta kenyamanan pengendara maupun pengguna jalan.

"Adanya flyover ini tentu diharapkan dapat mengurangi kemacetan lalu lintas yang biasa terjadi karena antrean kendaraan yang melalui perlintasan sebidang serta memperpendek jarak tempuh," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.