Sukses

Pemprov DKI Jakarta Sabet Penghargaan Provinsi Terinovatif dari Kemendagri

Penghargaan kepada Pemprov DKI Jakarta sebagai provinsi terinovatif diberikan melalui Innovative Government Award (IGA) 2020 yang digelar Kemendagri.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mendapatkan penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai provinsi terinovatif dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyatakan, saat ini globalisasi di segala bidang menuntut suatu negara untuk berinovasi. Salah satunya, dalam bidang informasi teknologi.

Kata dia, Kemendagri meminta pemerintah daerah untuk berinovasi dengan sistem desentralisasi yang diterapkan oleh pemerintahan pusat.

"Dengan kewenangan yang lebih besar pada pemerintahan daerah, spiritnya adalah daerah mampu untuk mandiri dan berkreasi mengembangkan segala sumber daya yang ada, dengan kewenangan yang ada," kata Riza dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/12/2020).

Sementara itu, Mendagri Tito Karnavian berharap, pemerintah daerah mampu mandiri dalam berbagai bidang. Hal itu guna mempermudah pelayanan publik seperti urusan keuangan fiskal.

Kata dia, kemampuan fiskal yang tinggi atau kuat dapat ditandai dengan adanya pendapatan asli daerah (PAD) yang lebih tinggi daripada dana transfer pusat.

"Selain itu, ada juga kapasitas fiskal yang sedang, artinya imbang, lebih kurang sama antara transfer pusat dengan PAD, 50:50 atau 60:40. Tapi banyak juga daerah yang sangat tergantung kepada transfer pusat PAD," ucapnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penghargaan Keterbukaan Informasi

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga meraih penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik yang diberikan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP) Republik Indonesia.

Hal tersebut berdasarkan unggahan dari media sosial instagram milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan @aniesbaswedan.

Anies mengatakan, penghargaan sebagai Pemda berkualifikasi informatif merupakan kali ketiga berturut-turut yang diterima Pemprov DKI Jakarta.

"Alhamdulillah, tiga tahun berturut-turut! Pemprov DKI Jakarta kembali dinobatkan sebagai pemda berkualifikasi informatif oleh Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2020," kata Anies dalam unggahan yang dikutip Liputan6.com, Kamis (26/11/2020).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan penghargaan dari KIP merupakan hasil kerja bersama seluruh jajaran dengan masyarakat. Dalam kolaborasi tersebut dapat menghasilkan keterbukaan informasi publik yang mengedepankan transparansi dan akuntabilitas.

"Ini sebuah prestasi yang harus disyukuri namun lebih penting lagi dipertahankan dan ditingkatkan, dengan terus menghasilkan karya, inovasi dan trobosan yang sesuai dengan tantangan kekinian," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.