Sukses

Sandiaga: Penyandang Disabilitas Perlu Akses Buka Peluang Usaha

Sandiaga menyatakan, dari tahun ke tahun penyandang disabilitas di Indonesia terus mengalami peningkatan.

Liputan6.com, Jakarta - Politikus Partai Gerindra Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, penyandang disabilitas tidak hanya membutuhkan belas kasihan, tapi akses untuk membuka peluang usaha.

"Selain itu, penyandang disabilitas memerlukan kesetaraan, akses infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan. Hal itu untuk membuka lapangan pekerjaan sebesar-besarnya dan seluas-luasnya," kata Sandiaga dalam rangka memperingati Hari Hari Disabilitas Internasional (HDI), melalui keterangan tertulis, Sabtu (5/12/2020).

Apa yang dikatakan Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu sesuai amanah dalam Undang-Undang (UU) Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Pemerintah harus memastikan bahwa para penyandang disabilitas mendapatkan kehidupan yang layak.

"Serta lebih baik dan mendapat kesempatan untuk menjadikan keluarga mereka lebih sejahtera," kata Sandiaga.

Seperti diketahui, dari tahun ke tahun penyandang disabilitas di Indonesia terus mengalami peningkatan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terus Meningkat

Survei Penduduk Antar Sensus atau (Supas) yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2015, menunjukkan jumlah penyandang disabilitas Indonesia sebanyak 21,5 juta jiwa. Angka ini terus bertambah setiap tahunnya.

Data tersebut jauh lebih menggambarkan jumlah penyandang disabilitas di Indonesia dibandingkan survei tiga tahun sebelumnya, yakni pada 2012 yang hanya mencapai 6 juta jiwa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.