Sukses

Kemendikbud Sebut Jumlah Siswa Baru PAUD Turun Selama Pandemi Covid-19

Jumlah anak yang masuk sekolah pendidikan anak usia dini atau PAUD turun selama pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah anak yang masuk sekolah pendidikan anak usia dini atau PAUD turun selama pandemi Covid-19. Hal itu diungkapkan oleh Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen PAUD Dasemen), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jumeri.

Dia mengatakan, ada kemungkinan banyak orangtua yang sengaja menunda menyekolahkan anak ke PAUD.

"Pada pandemi Covid-19 ini saya mendengar, melihat data, ada tren penurunan jumlah anak-anak kita, putra-putri kita yang masuk ke jenjang PAUD. Mungkin orangtua masih menunda untuk tidak memasukkan cepat," kata Jumeri dalam acara Penyaluran BOP PAUD dan Kesetaraan Tahap II secara daring, Selasa (22/9/2020).

Dia menduga masih banyak orangtua yang khawatir jika memasukkan anaknya ke PAUD selama masa pandemi Covid-19 ini.

"Mungkin (orangtua) masih harus berhati-hati dengan situasi yang ada," papar Jumeri.

Jumeri pun mengajak seluruh pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan untuk bahu-membahu memberikan penyuluhan agar muncul kesadaran orangtua supaya mereka mendaftarkan anak-anaknya ke PAUD. Sebab, kata dia, anak usia PAUD begitu vital dalam pembentukan potensi diri yang akan berpengaruh di masa depan.

"PAUD, pendidikan anak usia dini merupakan fondasi dalam pengembangan sumber daya manusia untuk sukses, berhasil mencapai tujuan pada jenjang-jenjang berikutnya," ungkap Jumeri.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masa Emas Anak

Jumeri mengungkap, berdasarkan sebuah riset, masa emas bagi anak-anak adalah sejak usia lahir hingga lima tahun. Pasalnya pada masa ini 80 persen pertumbuhan anak akan terjadi secara pesat.

"Jadi akan terjadi pertumbuhan pesat pada anak-anak kita. 50 persen di antaranya pada rentang usia lahir sampai empat tahun, dan diteruskan pada usia SD yang mengembangkan 80 persen potensi yang dimiliki. Sedangkan yang 20 persen akan diterima di jenjang-jenjang berikutnya," papar Jumeri.

Dia mengatakan, dari temuan ilmuwan tersebut dapat disimpulkan, anak pada usia PAUD mesti mendapatkan perhatian yang optimal.

"Apa makna dari hasil penelitian ini? Dapat kita artikan bahwa pada jenjang PAUD harus mendapatkan perhatian yang saksama," tutup Jumeri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • PAUD