Sukses

Layanan Gratis, Ini Waktu Operasional Bus Listrik Transjakarta

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melakukan uji coba bus listrik rute Balai Kota, Jakarta Pusat - Blok M, Jakarta Selatan mulai Senin (6/7/2020).

Liputan6.com, Jakarta - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melakukan uji coba bus listrik rute Balai Kota, Jakarta Pusat - Blok M, Jakarta Selatan mulai Senin (6/7/2020).

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta Nadia Diposanjoyo menyatakan bus listrik akan melayani pelanggan setiap hari. Waktu operasional nya juga sudah ditentukan.

"Mulai pukul 10.00-20.00 WIB dengan headway atau rentang waktu keberangkatan setiap 45 menit sekali," kata Nadia dalam keterangan tertulis, Senin (6/7/2020).

Selain itu, dia juga mengatakan bus listrik akan berhenti di halte-halte non-BRT di sepanjang rute Blok M hingga Balai Kota. Kemudian, layanan ini juga digratiskan untuk para pelanggan.

"Pelanggan tetap diwajibkan untuk melakukan tap in dan tap out pada alat tap on bus (TOB) yang tersedia di dalam bus," ucapnya.

Sedangkan untuk kapasitas pelanggan, kata Nadia, Transjakarta tetap mengacu pada protokol Covid-19. Yakni untuk bus single low entry memiliki kapasitas 25 orang baik yang duduk maupun berdiri.

"Sedangkan untuk bus medium memiliki kapasitas sebanyak 11 orang dan tidak ada yang berdiri," jelasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2 Bus Listrik Diuji Coba

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Transjakarta Sardjono Jhony mengatakan selama tiga bulan ke depan hanya dua bus listrik saja yang diuji cobakan. Namun kata dia, jumlah tersebut akan terus bertambah.

"Kita sudah punya dua bus listrik yang akan kita uji coba. Sementara kami direksi Transjakarta mencanangkan 100 bus untuk uji coba sampai akhir tahun," kata Sardjono saat konferensi pers daring, Senin (6/7/2020).

Dia menjelaskan saat pengoperasian, bus listrik tidak akan menimbulkan suara bising ataupun berisik. Selain itu bus listrik juga tidak akan menimbulkan asap.

Sardjono juga menyatakan bus listrik sebelumnya sudah dilakukan pra uji coba di sejumlah titik di Jakarta. Salah satunya yakni di kawasan Monas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.