Sukses

Jokowi: 99 Persen Kebakaran Hutan Ulah Manusia, Penegakan Hukum Harus Tegas

Jokowi juga tidak ingin aparat baru turun ke lapangan ketika kebakaran terjadi.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut 99 persen kebakaran hutan dan lahan disebabkan oleh ulah manusia. Oleh karena itu, dia meminta aparat penegak hukum tegas dalam menindaknya.

"Kita tahu 99 persen kebakaran hutan karena ulah manusia baik disengaja atau karena kelalaian oleh sebab itu penegakan hukum harus tegas dan tanpa kompromi untuk menyelesaikan masalah ini," kata Jokowi dalam ratas, Selasa (23/6/2020).

Menurut Jokowi, cepat tanggap sangat dibutuhkan dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan. Dia tidak ingin aparat baru turun ke lapangan ketika kebakaran terjadi.

"Berkali-kali saya sampaikan jangan sampai api sudah membesar baru kita padamkan, sekecil mungkin api baru mulai segera harus kita cepat tanggap," kata Jokowi.

 

Agar penanganan kebakaran hutan dan lahan ini cepat dilakukan, Jokowi ingin pengawas tingkat bawah digalakkan, seperti babinsa, babinkantibmas dan kepala desa.

"Karena memang api kalau masih kecil kalau bisa kita selesaikan akan lebih efektif dan efisien dari pada sudah membesar baru kita pontang-panting," ucap Jokowi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penataan Lahan Gambut

Kemudian, untuk mencegah kebakaran di lahan gambut, Jokowi meminta penataan ekosistem gambut dilakukan secara konsisten.

Dia minta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Badan Restorasi Gambut dan kementerian PU tersebut menjaga agar tinggi muka air tanah terus dijaga.

"Agar gambut tetap basah dan dengan sekat kanal embung sumur bor, teknologi pembasahan lain sudah kita lakukan hanya ini harus konsisten kita lakukan," tutur Jokowi.

 

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.