Sukses

Top 3 News: Novel Sebut Dokter yang Merawat Matanya Terbaik di Dunia

Top 3 News, Penyidik KPK Novel Baswedan menegaskan, yang menangani kedua matanya usai terpapar air keras adalah dokter terbaik.

Liputan6.com, Jakarta - Berita penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan mengawali berita Top 3 News hari ini, Rabu (17/6/2020). Novel mengatakan, dokter kornea yang menangani kedua matanya saat tersiram air keras merupakan dokter terbaik di dunia.

Hal ini ditegaskan Novel saat tim hukum kedua terdakwa, Rahmat Kadir Mahulette dan Ronny Bugis menyebut kerusakan matanya akibat salah dalam mendapatkan penanganan, bukan karena penyerangan yang dilakukan kliennya.

Selain sidang kasus Novel Baswedan, informasi penting lainnya yang tak kalah menuai perhatian masih dari kasus pasien positif di wilayah DKI Jakarta yang terus mengalami peningkatan.

Hingga Selasa, 16 Juni 2020 tercatat telah terjadi penambahan kasus positif sebanyak 1.106 orang. Sehingga total keseluruhan telah mencapai 40.400 orang yang dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Seiring bertambahnya kasus positif di Ibu Kota, saat ini seperti diketahui Pemprov DKI Jakarta telah melonggarkan sejumlah kegiatan, baik ekonomi dan sosial. Salah satunya dengan memperbolehkan pusat berbelanjaan atau mal kembali beroperasi. 

Pembukaan mal di Jakarta resmi diberlakukan setelah  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan adanya PSBB transisi di Jakarta. Kebijakan ini tertuang dalam Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 563 Tahun 2020.

Demi menghindari penyebaran virus Corona, pemerintah meminta setiap pengelola wajib mematuhui protokol kesehatan Covid-19. Salah satunya membatasi waktu kunjungan dan jumlah pengunjung maksimal 50 persen.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Selasa, 16 Juni 2020:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Disebut Matanya Rusak Karena Salah Penanganan, Novel Baswedan: Yang Menangani Dokter Kornea Terbaik Dunia

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan angkat bicara soal pernyataan yang menyebut kedua matanya rusak karena salah penanganan, bukan karena terpapar cairan kimia.

Pernyataan tersebut disampaikan tim hukum dua terdakwa kasus dugaan penyerangan air keras saat membacakan pleidoi atau nota pembelaan. Novel menegaskan, yang menangani kedua matanya usai terpapar air keras adalah dokter terbaik.

"Yang tangani saya adalah dokter mata spesialis kornea yang terpapar bahan kimia, yaitu Prof Donal Tan. Dalam beberapa rating yang bersangkutan adalah dokter kornea yang terbaik di dunia," ujar Novel saat dikonfirmasi, Selasa (16/6/2020).

Novel Baswedan menyatakan, tidak heran jika tim hukum Rahmat Kadir Mahulette dan Ronny Bugis menyebut demikian. Novel mengaku sejak awal kasus ini naik ke tingkat penyidikan di Polri, dirinya sudah pasrah.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. HEADLINE: Mal di Jakarta Buka Vs Kasus Positif Corona Masih Tinggi, Bagaimana Menyiasatinya?

Pembukaan mal di Jakarta resmi diberlakukan setelah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan adanya PSBB transisi di Jakarta. Kebijakan ini tertuang dalam Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 563 Tahun 2020.

Menurut Plt Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Pemprov DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo, ada sejumlah aturan yang harus diterapkan oleh mal yang beroperasi dalam masa PSBB transisi ini. Hal ini demi menghindari penyebaran Covid-19 di tengah hilir mudik pengunjung mal.

"Pusat perbelanjaan/mal wajib menyediakan fasilitas sarana prasarana pendukung protokol pencegahan Covid-19, khususnya untuk pengaturan sirkulasi dan batasan waktu kunjungan serta jumlah pengunjung maksimal 50% dari jumlah kunjungan pada saat kondisi normal," kata dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Senin (15/4/2020).

Bagi pusat perbelanjaan atau mal yang membandel tidak menerapkan protokol kesehatan, pihaknya tak segan memberikan sanksi tegas. Sebelum hukuman itu dijatuhkan, Pemprov DKI akan melayangkan surat peringatan sebanyak dua kali.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Data Per 16 Mei 2020, Papua Jadi Provinsi dengan tingkat Kesembuhan Corona Paling Tinggi

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakanada beberapa daerah dengan penambahan kasus positif lebih sedikit dibandingkan kasus sembuh.

Dan Papua merupakan provinsi dengan tingkat kasus sembuh paling tinggi dibanding kasus positif pada hari ini Selasa, 16 Juni 2020.

"Beberapa daerah melaporkan kasus positif yang jauh lebih sedikit dibandingkan kasus sembuh, sebagai contoh Papua hari ini melaporkan 32 kasus baru namun juga melaporkan 103 kasus sembuh," kata Yuri dalam keterangan pers, Selasa (16/6/2020).

Kemudian ada Sumatera Barat yang mengonfirmasi penambahan kasus baru mencapai enam kasus baru dan 36 orang sembuh.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.