Sukses

Jokowi: Pemerintah Harus Siap Diawasi Masyarakat

Jokowi menyatakan bahwa pemerintah harus bergerak cepat dalam memutuskan kebijakan pada situasi pandemi corona.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan, bahwa di situasi pandemi virus corona Covid-19 seperti saat ini, pemerintah harus bergerak cepat dalam memutuskan kebijakan. Untuk itu, kata dia, pemerintah harus siap untuk diawasi oleh semua pihak, termasuk masyarakat.

"Pemerintah harus bergerak dengan cepat, karena betul-betul situasinya bersifat extra ordinary dan memerlukan kecepatan, memerlukan ketepatan," ujar Jokowi saat memimpim sidang kabinet paripurna melalui video conference, Rabu (6/5/2020).

"Tapi dalam menjalankan tugas ini, pemerintah juga, kita semuanya juga harus siap untuk diawasi, siap untuk dikontrol. Bukan hanya oleh lembaga negara seperti DPR, BPK, tapi juga oleh seluruh masyarakat," sambungnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun mengingatkan jajarannya untuk memegang prinsip-prinsip good governance dalam menangani Covid-19. Bukan hanya itu, para menteri dan pimpinan lembaga juga diminta mengedepankan transparansi dan akuntabilitas di masa pandemi corona ini.

"Tujuan kita hanya satu keselamatan seluruh rakyat, baik di bidang kesehatan maupun di bidang sosial, ekonomi," kata Jokowi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Curva Corona Mei Harus Turun

Dia juga meminta para menteri untuk fokus mengendalikan dan menurunkan kasus corona secepat-cepatnya. Jokowi menegaskan bahwa kurva kasus positif corona di Indonesia harus mengalami penurunan Mei 2020.

"Saya melihat negara yang akan menjadi pemenang adalah negara yang berhasil mengatasi Covid-19," ucap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.