Sukses

Fraksi PKB DPR Siap Dukung Kebijakan Pemerintah Tangani Covid-19

Menurutnya, saat ini, pemerintah juga masih mencari skema untuk refocusing APBN yang juga perlu mendapatkan persetujuan DPR.

Liputan6.com, Jakarta - Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPR RI siap mendukung seluruh kebijakan yang diambil pemerintah dalam menanggulangi pandemi virus Corona atau Covid-19.

Ketua Fraksi PKB DPR Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan, di tengah kondisi bangsa yang sedang menghadapi kesulitas akibat wabah virus corona saat ini, dukungan dari DPR sebagai salah satu elemen penting dalam pembuat regulasi sangat diperlukan.

"Kita posisinya sebagai DPR, kita sepakat Fraksi PKB apapun dalam kondisi sulit seperti ini, pemerintah membutuhkan support untuk melegitimasi apa yang dilakukan, baik supporting secara regulasi dan lain sebagainya. Itu perlu kita lakukan secepatnya," tutur Cucun di Jakarta, Selasa (31/3/2020).

Sebelumnya, pernyataan Cucun tersebut juga disampaikan dalam Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan III Tahun Sidang 2019–2020 di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/3/2020).

Menurut Cucun, setelah pembukaan masa sidang ini, seluruh pembahasan di DPR mengenai langkah pemerintah dalam menanggulangi wabah virus Corona Covid-19 akan didukung, termasuk mengenai realokasi anggaran.

Menurutnya, saat ini, pemerintah juga masih mencari skema untuk refocusing APBN yang juga perlu mendapatkan persetujuan DPR. "Yang paling penting semua apapun (kebijakan yang diambil pemerintah) segera setelah pembukaan ini, Fraksi PKB mendukung langkah-langkah pemerintah. Kita support, kita dukung apa yang dibutuhkan regulasi dari kita segera kita lakukan," tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fokus Tangani Virus

Sebelumnya, Ketua DPR Puan Maharani mengatakan bahwa selain akan fokus pada penanganan wabah virus Covid-19, DPR juga akan mencari formulasi untuk membantu pemerintah mengatasi dampak-dampak wabah Corona, terutama dampak sosial ekonominya.

“Misalnya, desain APBN sudah tidak sesuai asumsi-asumsi yang digunakan. Karenanya, dibutuh penyesuaian dan perubahan baik dari sisi penerimaan, belanja dan pembiayaan yang fokusnya pada penanganan wabah corona serta penanggulangan dampak sosial dan ekonominya,” tutur Puan.

Puan menambahkan, DPR akan memberikan dukungan penanganan pandemi virus Covid-19 melalui fungsi -fungsi anggaran, legislasi maupun pengawasan agar masyarakat terlindungi dari aspek kesehatan maupun ekonomi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.