Sukses

Gempa Hari Ini Guncang Kepulauan Talaud, Kairatu dan Ambon

Gempa pertama terjadi di Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulut. Lindu kedua dan ketiga menggoyang Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat Maluku.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa hari ini mengguncang sejumlah wilayah Indonesia. Hingga pukul 20.00 WIB, ada tiga kota yang digoyang lindu.

Gempa pertama terjadi di Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Lindu kedua dan ketiga menggoyang Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat Maluku, dan Ambon.

Informasi mengenai gempa ini dikutip Liputan6.com dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) www.bmkg.go.id, Kamis (17/10/2019).

Ada dua kesamaan yang dimiliki gempa yang terjadi di Provinsi Maluku. Kedalaman gempa 10 kilometer.

Berikut tiga gempa yang menggoyang Tanah Air hari ini:

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gempa Melonguane

Gempa magnitudo 5,6 menggoyang Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, pada pukul 08:28:57 WIB. 

BMKG menyebutkan lokasi lindu terletak pada koordinat 5,16 Lintang Utara dan 126,30 Bujur Timur. Atau sekitar 135 kilometer bagian barat Melonguane. 

Gempa berkedalaman 88 kilometer dan tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Belum ada laporan korban jiwa atau luka akibat gempa ini.

3 dari 4 halaman

Gempa Kairatu

Kairatu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku. Gempa magnitudo 2,8 menggoyang kota ini pada pukul 10:33:35 WIB.

BMKG mengungkap pusat gempa berada di laut atau sekitar 6 kilometer selatan Kairatu dengan kedalaman 10 kilometer.

Sementara, titik koordinat gempa terletak pada 3,39 LS dan 128,37 BT. 

4 dari 4 halaman

Gempa Ambon

Dengan kekuatan magnitudo 3,2, gempa selanjutnya menggoyang Kota Ambon, Maluku pada pukul 15:24:30 WIB.

Lindu berpusat di darat atau sekitar 25 km timur laut Ambon dengan kedalaman 10 kilometer.

Sementara, titik koordinat gempa terletak pada 3,61 LS dan 128,37 BT. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Ambon