Sukses

Viral Oknum Aparat Aniaya Mahasiswa Saat Demo, 5 Polisi Diperiksa

Kapolda Sumut mengaku sudah mewanti-wanti anggotanya agar mengedepankan pendekatan persuasif saat mengamankan demo mahasiswa.

Liputan6.com, Jakarta - Polda Sumatera Utara (Sumut) mendalami dugaan penganiayaan yang dilakukan oleh oknum aparat kepolisian terhadap mahasiswa yang melakukan aksi demodi Kantor DPRD Sumut. Sudah lima anggota yang diperiksa terkait insiden tersebut.

"Lima orang sudah diamankan Propam Polda," ujar Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto lewat pesan singkat, Rabu (25/9/2019).

Menurut Agus, pihaknya sudah mewanti-wanti anggotanya agar mengedepankan pendekatan persuasif saat mengamankan demo mahasiswa.

Namun, situasi di lokasi demo turut memicu adanya sikap berlebihan yang dilakukan aparat.

"Kita semua sudah ingatkan anggota dan pengendali, namun di lapangan situasinya (memanas). Makanya kita dalami yang lagi viral," kata Agus.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Viral di Media Sosial

Sebelumnya, viral video aparat kepolisian menganiaya mahasiswa yang berunjuk rasa di Kantor DPRD Sumatera Utara. Pihak kepolisian Polda Sumatera Utara pun mengaku masih menyelidiki kebenarannya.

"Kita sedang selidiki dan kita setiap melaksanakan tugas ada SOP," kata Kabid Humas Polda Sumatera Utara Kombes Tatan Dirsan Atmaja melalui pesan singkat, Selasa (24/9/2019).

Tatan menegaskan akan melakukan tindakan tegas terhadap aparat yang melakukan penganiayaan tersebut. Terlebih, pihak kepolisian selalu memegang teguh aturan standar operasional.

"Lidik, proses yang tidak sesuai SOP," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.