Sukses

Akses Internet di Papua dan Papua Barat Dibuka Bertahap Hari Ini

Rudiantara menjelaskan, layanan internet akan dibuka di beberapa kabupaten atau kota yang dinilai sudah kondusif.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informartika (Kominfo) Rudiantara mengatakan, pihanya akan mencabut pemblokiran internet di sejumlah wilayah Papua dan Papua Barat secara bertahap. Akses internet ini akan dibuka secara bertahap mulai Rabu (4/9/2019).

"Nah ini sedang kita koordinasikan kabupaten dan kota mana saja. Mudah-mudahan sudah ada ini (datanya). Sehingga secara bertahap sudah bisa dilakukan, diaktifkan kembali layanan datanya di beberapa kabupaten, kota," ujar Rudiantara di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa 3 September 2019.

Kendati begitu, dia menyebut bahwa tak semua layanan di wilayah Papua dan Papua Barat akan dibuka. Rudiantara menjelaskan bahwa layanan internet akan dibuka di beberapa kabupaten atau kota yang dinilai sudah kondusif.

"Yang disiapkan skenarionya adalah, pembatasan masih ada tetapi levelnya diturunkan ke tingkat kabupaten atau kota. Sehingga katakanlah di Papua tidak semua kabupaten, kota diberikan pembatasan. Yang harus dibatasi-dibatasi, yang tidak ya tidak," jelasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemblokiran

Sebelumnya, pemblokiran akses internet telah dilakukan Kemenkominfo sejak 21 Agustus 2019. Hal itu terkait dengan upaya proses pemulihan situasi keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut.

Pemblokiran tersebut dilakukan untuk mencegah hoaks di media sosial akibat kerusuhan yang terjadi di Papua dan Papua Barat. Pasalnya, pemerintah menemukan berbagai konten hoaks terkait kerusuhan di Bumi Cenderawsih itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.