Sukses

Pengintaian Tiga Bulan Berbuah 30 Kg Sabu dari Malaysia

Arief menceritakan, mengintai aktivitas para bandar narkoba selama tiga bulan. Selasa (09/7/2019) pelaku membawa dua kendaraan Plat B. Minibus dicurigai berisikan sabu.

Liputan6.com, Jakarta - Dua Minibus terparkir di lahan kosong samping Polres Metro Jakarta Barat. Kondisi kendaraan rusak. Di badan mobil bagian depan terdapat lubang-lubang bekas peluru. 30 kilogram sabu ditemukan dalam penyergapan kepolisian.

Mobil itu menjadi saksi bisu aksi Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat membongkar jaringan Narkoba Internasional.

Empat pelaku yakni HA, AR, PA, dan SB dicokok di Jalan Damai, Desa Sungai Tengah, Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak Provinsi Riau.

Adalah Tim di bawah pimpinan Kanit 1 Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKP Arif Purnama Oktora yang menangkap para pelaku.

Arief menceritakan, mengintai aktivitas para pelaku selama tiga bulan. Selasa (09/7/2019) pelaku membawa dua kendaraan Plat B. Minibus dicurigai berisikan sabu.

Kedua kendaraan melaju bering-iringan dari arah Dumai menuju ke arah Pekanbaru

"Ketika iringan mobil berhenti di salah satu sungai di Dumai kami meyakini barang tersebut memang telah diambil dan akan diangkut dikirim ke Jakarta," kata Arief ditemui di Polres Metro Jakarta Barat, Selasa (16/7/2019).

Arief mengatakan, para pelaku sempat menepi beberapa jam di salah satu kota di Siak kecil. Tak pikir panjang, Arief bersama anggota yang lain memutuskan menghentikan laju kedua kendaraan tersebut.

Salah satu unit minibus yang dikendarai pelaku berusaha melawan hingga beberapa kali sengaja menabrak mobil petugas.

Arief akhirnya mengambil tindakan tegas dengan memuntahkan peluru ke arah ban mobil.

"Mobil tersebut dapat dihentikan setelah bannya pecah," ujar dia.

Petugas mengeledah isi mobil. Ditemukan sabu yang dikemas dalam bungkusan. Arief menjelaskan, para pelaku menyimpan di dasboard yang sudah dimodifikasi.

"Jumlah sabu yang ditaruh di dalam mobil mencapai 30 Kilogram," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dua Kali Bawa Sabu ke Jakarta

Arief menerangkan, mobil tersebut milik para pelaku yang sengaja dibeli untuk mengirim sabu ke Jakarta.

"Mobil atas nama tersangka. Menurut keterangan sudah dua kali membawa sabu ke Jakarta dengan mobil ini," ujar dia.

Menurut Arief, sabu ini dikirim dari Malaysia dan mengirimnya melalui jalur laut. Kemudian dipecah ke beberapa kapal. Lalu diedarkan sesuai pesanan.

"Dari Malaysia di sebrangkan melalui perairan Sumatera masuk melalui Dumai," tutup dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.