Sukses

Meski Tak Kantongi Izin, Massa Tetap Banjiri Jalan Medan Merdeka Barat

Liputan6.com, Jakarta - Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan mengaku tidak tahu rencana kedatangan massa yang berkerumun di Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Padahal, sesuai arahan Polda Metro Jaya, tidak ada aksi massa diberikan izin hari ini.

"Polisi tidak mengeluarkan izin aksi," kata Harry di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (26/6/2019).

Menurut penelusurannya, Kombes Harry mengatakan massa datang dari pelbagai penjuru di luar Jakarta, seperti Banten, Tangerang, Depok, Bekasi, juga Jawa Barat. Pihaknya mengaku akan berkordinasi dengan mereka untuk menjaga konduvifitas agar keamanan ketertiban masyarakat. 

"Yang di Bawaslu kemarin begitu juga. Prosesnya hampir sama. Massa (berasal) dari dalam (kota) dan massa dari luar," jelas Harry.

Sebelum mengambil tindakan, Kombes Harry menegaskan untuk mengambil langkah komunikatif. Bersama jajarannya, dibantu TNI, mereka akan berdialog untuk mengetahui maksud dan tujuan. Sebab, kata dia, tidak ada izin untuk melakukan aksi massa.

"Saya mau tanya dulu, kalau kita kan tidak keluarkan izin. Kan kalau polisi ada tahapan SOP, jelas perintah pimpinan tidak boleh ya toh," pungkas Harry.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Polisi Antisipasi Aksi Massa di Gedung MK Disusupi Perusuh
Artikel Selanjutnya
Bakal Ada Aksi Massa, Polisi Rekayasa Lalu Lintas di Kawasan Gedung MK