Sukses

Jokowi Lantik Hinsa Siburian Sebagai Kepala BSSN

Sebagai Kepala BSSN, Hinsa Siburian mendapatkan fasilitas setingkat menteri. Dia pun bertanggung jawab langsung kepada Presiden RI.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Letnan Jenderal TNI (Purn) Hinsa Siburian sebagai Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Hinsa Siburian menggantikan posisi Djoko Setiadi yang menjabat sejak 3 Januari 2018 lalu.

Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Selasa (21/5) pukul 14.09 WIB. Hinsa Siburian dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor56/P Tahun 2019 tentang Pengangkatan Kepala BSSN.

"Saya berjanji bahwa saya akan setia kepada UUD Negara RI tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bhakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tunggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," kata Hinsa Siburian saat mengucapkan sumpah jabatan di hadapan Jokowi, Selasa (21/5/2019). 

Sebagai Kepala BSSN, Hinsa Siburian mendapatkan fasilitas setingkat menteri. Dia pun bertanggung jawab langsung kepada Presiden RI.

Sejumlah pejabat negara hadir dalam upacara pelantikan ini adalah Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menko Polhukam Wiranto, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Ketua DPD Oesman Sapta Odang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya Wakil Kepala Staf TNI AD

Sebagai informasi, sebelum dilantik sebagai Kepala BSSN, Hinsa Siburian menjabat sebagai Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat. Masa jabatanHinsa Siburian di angkatan darat tersebut mulai 25 April 2017–27 Oktober 2017.

Pada tahun 2015, Hinsa Siburian menduduki posisi Pangdam XVII/Cenderawasih. Pria kelahiran Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatra Utara, 28 Oktober 1959 itu juga pernah menjabat sebagai Danpussenif Kodiklatad pada tahun 2014.

Di tahun yang sama, Hinsa Siburian juga menjabat sebagai Asops KSAD. Dia menduduki posisi tersebut sebelum diangkat menjadi Danpussenif Kodiklatad.

Sementara itu, karir Djoko Setiadi sebagai Kepala BSSN sangat singkat, yakni hanya 1 tahun 4 bulan. Djoko Setiadi dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu 3 Januari 2018. Belum diketahui alasan Jokowi menunjuk Hinsa Siburian untuk menggantikan posisi Djoko.

 

Reporter: Titin Umbari Prihatin

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini