Sukses

Awal Ramadan, Harga Bawang Putih, Tomat dan Cabai Naik di Sejumlah Daerah

Liputan6SCTV, Samarinda - Memasuki hari pertama puasa, harga bawang putih di Pasar Segiri, Samarinda, melonjak drastis dari Rp 28 ribu menjadi Rp 100 ribu per kilogram. Selain bawang putih, harga tomat dan cabai juga naik cukup tajam, yakni sebesar Rp 15 hingga 30 ribu per kilogram.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Selasa (7/5/2019), pedagang mengaku tidak tahu penyebab naiknya harga dan berharap pemerintah dapat meredam kenaikan harga tersebut.

Di Semarang, Jawa Tengah, lonjakan harga paling tinggi juga terjadi pada bawang putih. Tingginya harga bawang putih di awal Ramadan membuat dinas perdagangan setempat menggelar operasi pasar untuk kedua kalinya.

Sebanyak 6,5 ton bawang putih digelontorkan ke Pasar Johar dan Pasar Pedurungan guna menstabilkan harga. Harga bawang yang sebelumnya berkisar Rp 30 ribu, kini naik hingga Rp 65 ribu per kilogram.

Sementara itu di Pasar Besar, Ngawi, Jawa Timur, harga bawang putih juga melambung mencapai Rp 60 ribu per kilogram. Padahal beberapa hari lalu, menurut pedagang, harga bawang putih masih di kisaran Rp 22 ribu per kilogram.

Kenaikan harga bawang putih tersebut diduga akibat sulitnya pasokan dari petani akibat cuaca yang tak menentu. (Galuh Garmabrata)