Sukses

Anies: Cawagub DKI Ikut Fit and Proper Test Minggu Ini

Anies Baswedan menjelaskan, ada empat penguj dalam fit and proper test calon wagub DKI tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon wakil gubernur DKI pengganti Sandiaga Uno segera dilaksanakan. Anies menyebut pihaknya telah terima laporan dari Partai Gerindra dan PKS sebagai partai pengusung di Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Minggu ini mereka akan melakukan fit and proper test pada tiga nama yang diajukan oleh PKS," kata Anies Baswedan di Taman Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (3/1/2019).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menjelaskan, dalam fit and proper test terdapat empat penguji, dengan masing-masing dua tim dari Partai Gerindra dan PKS. Dia menyebut pihaknya tidak ikut campur selama proses itu berlangsung.

"Tapi saya sendiri tidak terlibat di dalam proses karena yang terlibat adalah partai politik," ucap Anies Baswedan.

Sementara itu, Ketua Dewan Syariah Wilayah PKS DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi membenarkan fit and proper test cawagub dilakukan Minggu ini. "Insyaallah, mudah-mudahan (Minggu ini)," kata Suhaimi saat dihubungi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiga Nama Kandidat

Sebelumnya, PKS sudah menyiapkan tiga nama sebagai kandidat di fit and proper test. Di antaranya Sekretaris DPW PKS DKI, Agung Yulianto, mantan Wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu dan anggota DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi.

"Nama kader PKS yang diajukan sebagai cawagub, Agung Yulianto, Ahmad Syaikhu, Abdurrahman Suhaimi," kata Ketua DPW PKS DKI Jakarta Syakir Purnomo dihubungi di Jakarta, Rabu (2/1/2019).

Ketiga nama tersebut rencananya dikirimkan ke DPD Partai Gerindra DKI Jakarta. Sehingga penyelenggaraan fit and proper test dapat segera dilaksanakan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.