Sukses

Kapolri Pimpin Sertijab 6 Kapolda dan Kadiv Propam

Para pejabat Polri itu langsung diambil sumpah jabatannya dan dilanjutkan penandatanganan surat serah terima jabatan dan fakta integritas.

Liputan6.com, Jakarta - Markas Besar (Mabes) Polri melakukan serah terima jabatan (Sertijab) beberapa perwira tinggi seperti Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) dan beberapa Kapolda. Proses sertijab berlangsung di di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (20/8/2018).

Selain Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, turut hadir Wakil Kapolri yang baru Komjen Pol Ari Dono, dan mantan Wakapolri yang menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Informasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafrudin.

Pergantian jabatan tersebut, berdasarkan Telegram rahasia (TR) nomor ST/2015/VIII/KEP/2018 dan ST/2014/VIII/KEP/2018 Tertanggal 13 Agustus 2018. TR tersebut berisi pergantian enam Kapolda yaitu Kapolda Papua, Kapolda Banten, Kapolda Lampung, Kapolda Kepri, Kapolda Riau, Kapolda Sumatera Utara, serta Kadiv Propam.

Dalam prosesi sertijab tersebut, para pejabat Polri itu langsung diambil sumpah jabatannya dan dilanjutkan penandatanganan surat serah terima jabatan dan fakta integritas.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya selaku pejabat Kepolisian Republik Indonesia akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar seluruh pejabat Polri tersebut mengucapkan sumpah jabatan yang dipimpin oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

6 Kapolda dan Kadiv

1. Kapolda Papua

Irjen Martuani Sormin yang sebelumnya menjabat Kadiv Propam Polri kini mengisi kursi yang ditinggalkan Irjen Boy Rafli Amar yang sebelumnya menjabat kapolda Papua. Boy Rafli kini diangkat sebagai Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri.

2. Kapolda Banten

Brigjen (Pol) Teddy Minahasa Putra yang sebelumnya menjabat Karopaminal Divisi Propam Polri kini diangkat sebagai Kapolda Banten menggantikan Brigjen (Pol) Listyo Sigit Prabowo yang sebelumnya menjabat kapolda Banten. Listyo sekarang diangkat sebagai Kepala Divisi Propam Polri.

3. Kapolda Lampung

Brigjen (Pol) Purwadi Arianto yang sebelumnya menjabat Wakil Kepala Polda Metro Jaya diangkat sebagai Kapolda Lampung menggantikan Irjen Suntana. Suntana kini diangkat sebagai Wakil Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri.

4. Kapolda Kepri

Kapolda Kepri saat ini diemban Irjen Andap Budhi Revianto menggantikan Irjen Didid Widjanardi yang kini diangkat sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

5. Kapolda Riau

Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo yang sebelumnya menjabat Wakil Kepala Polda Jatim, kini diangkat sebagai Kapolda Riau. Sementara Irjen Pol Nandang yang menjabat Kapolda Riau, kini ditugaskan di BIN.

6. Kapolda Sumatera Utara

Irjen Pol Paulus Waterpau yang menjabat Kapolda Sumatera Utara, kini ditugaskan di Lemhanas. Sementara, jabatan Kapolda Sumut akan diisi oleh Brigjen Pol Agus Andrianto.

7. Kadiv Propam Polri

Brigjen Listyo Sigit Prabowo menggantikan Irjen Martuani Sormin, yang dilantik menjabat sebagai Kadiv Propam Polri jadi Kapolda Papua.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.