Sukses

Wapres Sebut Libur Panjang Kunci Sukses Kelancaran Arus Mudik dan Balik

Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK menilai musim mudik dan balik Lebaran 2018 jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK menilai musim mudik dan balik Lebaran 2018 jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Salah satu penyebabnya, pemudik punya waktu yang lebih panjang untuk memilih waktu mudik.

Pemerintah memang menetapkan libur Lebaran tahun ini untuk PNS dan pelajar lebih panjang dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Liburan panjang. Sehingga yang mudik itu punya kesempatan," ujar Wapres JK usai halal bihalal dengan pegawai Istana Wakil Presiden, Kamis (21/6/2018).

Selain itu, infrastruktur mudik yang lebih baik pada tahun ini menambah kelancaran arus mobilisasi besar-besaran tahunan tersebut. Terutama untuk jalur darat.

Sehingga tidak ada lagi kemacetan parah di jalur-jalur favorit pemudik. "Macet sedikit-sedikit. Ya hari biasa pun macet, (tapi) tidak parah," kata Wapres JK.

Dia membandingkan dengan kejadian macet parah pada musim mudik dua tahun lalu. Saat itu memang ada tragedi macet parah di pintu keluar Tol Brebes Timur atau dikenal dengan istilah Brexit (Brebes Exit).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apresiasi

Pada tahun ini, jumlah kecelakaan yang mengakibatkan korban meninggal dunia juga turun. JK pun mengapresiasi seluruh pihak mulai dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, hingga polisi.

"Semuanya tentu memberikan sumbangan untuk kelancaran mudik kali ini," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.