Sukses

Ombudsman Terima Aduan PSI untuk Bawaslu

Alamsyah mengaku belum mengetahui apakah Bawaslu berpotensi melanggar atau tidak.

Liputan6.com, Jakarta - Komisioner Ombudsman RI Alamsyah Saragih mengatakan pihaknya telah menindaklanjuti laporan yang dibuat Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk dua Komisioner Bawaslu Abhan dan Mochammad Afifudin.

"Kemarin dalam pleno sudah dinyatakan diterima, dan diteruskan ke tim yang akan tangani," kata Alamsyah saat dihubungi, Selasa, 29 Mei 2018.

Dia mengaku belum mengetahui apakah Bawaslu berpotensi melanggar atau tidak. Dia menyerahkan keputusan tersebut kepada tim yang memeriksa dan menunggu hasil. "Belum tahu, tergantung hasil pemeriksaan oleh Tim nanti," ucap dia.

Alamsyah juga enggan menilai apakah bukti yang diberikan PSI kuat, sehingga Bawaslu di proses. Dia juga belum bisa memastikan kapan hasil pemeriksaan tim selesai.

"Saya belum boleh menilai, sepertinya bukan kasus yang kompleks. Nanti kita lihat," tandasnya.

Diketahui, Sekjen PSI Raja Juli Antoni dan Wakil Sekjen Chandra Wiguna ke Bareskrim Polri atas adanya dugaan pelanggaran kampanye diluar jadwal.

Laporan Bawaslu ke Kepolisian diterima oleh Bareskrim Polri pada Tanggal 17 Mei 2018, dengan Laporan Polisi Nomor: LP/B/646/V/2018/BARESKRIM.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dilaporkan ke DKPP

Buntut pelaporan itu, sejumlah pengurus PSI melaporkan Ketua Bawaslu Abhan dan Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) terkait dugaan pelanggaran etik keduanya.

Selanjutnya mereka juga melaporkan kedua orang tersebut ke Ombudsman. PSI meminta Ombudsman memberikan rekomendasi ke Bawaslu agar mencabut laporannya di Bareskrim Polri.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.