Sukses

KPK Periksa Ketua Golkar Jakut terkait Kasus Bakamla

Selain Askolani, KPK juga akan memeriksa Ketua DPD Golkar Jakarta Utara (Jakut) Olsu Babay dan Sekretaris DPD Golkar DKI‎ Basri Baco.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Direktur Jenderal (Dirjen) Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Askolani. Dia akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Fayakhun Andriadi dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan satelit monitoring di Badan Keamanan Laut (Bakamla).

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka FA (Fayakhun Andriadi)," ujar Pelaksana Harian (Plh) Kabiro Humas KPK, Yuyuk Andriati saat dikonfirmasi, Selasa (15/5/2018).

Selain Askolani, penyidik KPK juga akan memeriksa Ketua DPD Golkar Jakarta Utara (Jakut) Olsu Babay dan Sekretaris DPD Golkar DKI‎ Basri Baco.

"Keduanya juga akan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk tersangka FA (Fayakhun Andriadi)," kata Yuyuk.

Masih belum diketahui kaitan ketiga orang saksi itu dalam kasus ini. Namun diduga ketiga akan dimintai keterangan terkait aliran dana suap di Bakamla. Sebab, Fayakhun sendiri disebut mengaku telah memberikan uang ke beberapa politisi Golkar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fayakhun Tersangka

KPK menetapkan anggota Komisi I DPR Fayakhun Andriadi (FA) sebagai tersangka kasus dugaan suap pengadaan satelit monitoring di Bakamla. Fayakhun diduga menerima fee sebanyak Rp 12 miliar dan USD 300 ribu.

Uang diterima Ketua DPD Partai Golkar DKI itu dari Direktur Utama PT Melati Technofo Indonesia Fahmi Darmawansyah. Uang diberikan secara bertahap sebanyak empat kali melalui anak buahnya Muhammad Adami Okta.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.