Sukses

Anggota DPR soal Hari Kartini: Perempuan Masih Hadapi Banyak Masalah

Anggota Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh mengatakan, perempuan atau Kartini masa kini masih menghadapi banyak permasalahan.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh mengatakan, perempuan atau Kartini masa kini masih menghadapi banyak permasalahan. Masalah-masalah ini datang dari eksternal maupun internal dirinya sendiri.

"Masih banyak perempuan yang mendapat kekerasan oleh suaminya atau menjadi korban kekerasan seksual. Perempuan juga masih mendapatkan perlakuan yang tidak adil di wilayah publik," kata Ninik, panggilan akrab Nihayatul, jelang Hari Kartini di Jakarta, Jumat 20 April 2018.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mencontohkan ketidakadilan yang dialami perempuan di wilayah publik. Misalnya, praktik tes keperawanan terhadap perempuan yang mendaftar menjadi anggota polisi.

Selain itu, masih banyak permasalahan lain yang menimpa warga negara hanya karena dia berjenis kelamin perempuan. Dia pun prihatin akan nasib perempuan di Hari Kartini ini. Terlebih, tahun ini merupakan tahun politik.

"Tahun ini dan ke depan adalah momentum penting bagi perempuan untuk menyadari kebutuhan bersama agar kepentingan perempuan bisa diartikulasikan dengan benar. Ingat, tahun ini adalah tahun politik," ujar Ninik seperti dilansir dari Antara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajakan untuk Perempuan

Karena itu, Ninik mengajak para perempuan Indonesia untuk mendukung perempuan lain dapat menduduki jabatan penting sebagai pembuat kebijakan dan pelaksana kebijakan baik di legislatif maupun eksekutif.

"Gerakan bersama untuk mendukung calon-calon perempuan merupakan kesadaran penting yang harus kita gaungkan bersama di Hari Kartini ini," kata Ninik.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.