Sukses

Hafal 30 Juz Alquran Jadi Nilai Plus di Seleksi Penerimaan Anggota Polri

Sehingga anggota Polri yang memiliki kecakapan tersebut tentu mendapat nilai lebih ketimbang lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Asisten Sumber Daya Manusia (SDM) Polri Irjen Arief Sulistyanto menjelaskan soal isu jaminan kelulusan seleksi anggota Polri yang hafal 30 juz Alquran. Menurut dia, modal hafalan 30 juz tidak menjamin seseorang lolos seleksi penerimaan Polri.

"Tapi kalau ada prestasi itu (bisa menghafal 30 juz Alquran) jadi nilai tambah," ujar Arief di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (18/4/2018).

Hafal 30 juz Alquran merupakan salah satu nilai lebih dalam aspek keagamaan. Apalagi menurut Arief, tugas Polri bersentuhan dengan seluruh lapisan masyarakat, termasuk kelompok keagamaan.

Sehingga anggota Polri yang memiliki kecakapan tersebut tentu mendapat nilai lebih ketimbang lainnya. "Ini dalam rangka menyemangati," kata Arief.

Meski begitu, jenderal bintang dua tersebut menegaskan bahwa syarat utama menjadi anggota Polri tetap harus terpenuhi. Syarat administratif seperti tinggi badan, kesehatan fisik, kemampuan jasmani, psikologi, dan sejumlah uji kompetensi lainnya wajib dipenuhi oleh calon anggota Polri.

"Aspek-aspek itu harus dipenuhi dulu, baru prestasinya," Arief menandaskan.

Polri membuka tiga jalur untuk menjadi anggota, yakni Tamtama dengan pangkat kelulusan Bhayangkara dua, Bintara dengan pangkat kelulusan Brigadir dua dan Perwira dengan pangkat kelulusan Inspektur dua.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pusat Pendidikan

Jumlah kuota Tamtama sebanyak 300 peserta. Sedangkan, Bintara sebanyak 7.900 polisi tugas umum dan 500 polisi tugas khusus. Sementara, perwira menerima sebanyak 250 peserta.

Peserta pendidikan Tamtama akan menjalani pendidikan di Pusat Pendidikan Brimob Watukosek, Jawa Timur. Sedangkan untuk Bintara akan menjalani pendidikan di Sekolah Pendidikan Polisi (SPN) yang ada di polda-polda. Dan untuk perwira akan menjalani pendidikan di Akademi Kepolisian, Semarang.

Tahun ini, jumlah pendaftar Tamtama sebanyak 12.477 peserta. Sedangkan pendaftar Bintara Umum sebanyak 127.029 peserta. Lalu pendaftar Bintara khusus sebanyak 5.817 yang terbagi dalam Bintara TI, musik, kimia, pelayaran dan penerbangan. Sementara Taruna Akpol sebanyak 13.406 peserta.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.