Sukses

Tanda Kasih, Makna Potong Kerbau di Pesta Adat Kahiyang-Bobby

Kerbau ditetapkan sebagai penanda adanya pesta adat besar yang dihadiri oleh lebih dari 100 raja di Tapanuli Selatan.

Fokus, Medan - Sebanyak 19 ekor kerbau akan dipotong dalam rangkaian pesta adat Mandailing pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di Medan, Sumatera Utara.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (24/11/2017), seluruhnya merupakan tanda kasih dari sebuah kelompok atau perorangan yang telah menjadi kebiasaan adat Mandailing bila ada warga yang mengadakan hajatan.

Cara menyembelih kerbau pun tidak sembarangan. Para tetua adat ikut menyaksikan yang digelar di lapangan dekat kediaman keluarga Bobby di Bukit Hijau Regency.

Kerbau ditetapkan sebagai penanda adanya pesta adat besar yang dihadiri oleh lebih dari 100 raja di Tapanuli Selatan. Daging kerbau itu nantinya disajikan sebagai bahan makanan dalam rangkaian pesta adat.

Sementara itu, sejak pagi tadi, kemeriahan pesta adat di kediaman keluarga besar Bobby Nasution mulai terasa. Kedatangan rombongan disambut dengan alat musik gordang sambilan khas Mandailing.

Para tetua adat dan raja Tapanui Selatan secara bergantian memberikan sambutan dalam bahasa Mandailing. Sedangkan Menko Perekonomian Darmin Nasution bertindak sebagai suhut atau tuan rumah. Sebagai tuan rumah, Darmin ikut menabuh gordang sembilan.