Sukses

Siraman Kahiyang Selesai, Keluarga Siapkan Prosesi Dodol Dawet

Dalam proses dodol dawet nanti, Iriana Jokowi akan berperan sebagai penjual.

Liputan6.com, Solo - Calon mempelai wanita Kahiyang Ayu selesai menggelar acara siraman. Kahiyang melakukan siraman di kediaman Jokowi, Jalan Kutai Utara, Kota Solo, Jawa Tengah. Usai ini, keluarga mempersiapkan prosesi berikutnya, yaitu dodol dawet.

Pantauan Liputan 6 SCTV, Selasa (7/11/2017), suara yang mengiringi prosesi siraman sudah tidak terdengar. Setelah itu, keluarga dari Presiden Jokowi juga terlihat keluar dengan membawa kendi atau kuali dari tanah.

Tempat itu dibawa dengan kondisi kosong yang selanjutnya dikembalikan ke kediaman Jokowi dengan keadaan isi.

Dalam proses dodol dawet nanti, Ibu Negara Iriana Jokowi akan berperan sebagai penjual. Nantinya, tamu undangan dapat membeli dawet dengan menggunakan kreweng wingko (pecahan genting) yang telah disediakan.

Proses ini bermakna agar pengantin tetap bersikap rendah hati serta memiliki dasar yang baik dalam menjalani rumah tangga nantinya.

Sementara itu, siraman Bobby Nasution juga telah selesai dilakukan sekitar pukul 10.00 WIB. Proses itu berlangsung di lantai 19 Hotel Alila, Solo. Ini diketahui setelah perwakilan keluarga Jokowi keluar dari hotel tersebut.

Memandikan pengantin sehari sebelum pernikahan dimaksudkan agar kedua mempelai dalam kondisi suci, baik lahir maupun batin. Dengan begitu, mereka diharapkan dapat menjalani rumah tangga dengan baik.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Nikahkan Putrinya

Presiden Jokowi akan menikahkan sendiri putri satu-satunya di Gedung Graha Saba Buana Kota Surakarta, Jawa Tengah, Rabu, 8 November 2017.

"Saya sendiri yang akan menikahkan," ujar Jokowi.

Jokowi mengungkapkan perasaannya jelang pernikahan Kahiyang-Bobby. Sebagai seorang ayah, dia mengatakan ini merupakan waktu yang tepat bagi Kahiyang untuk melepaskan masa lajangnya.

"Ya, memang sudah saatnya untuk berumah tangga, bermasyarakat, ya itu sesuatu yang normal," tutur mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Tak lupa, Jokowi berharap agar putrinya dan Bobby dapat menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warrahmah.

"(Kahiyang-Bobby) bisa membangun keluarga yang sakinah mawadah-warahmah. Ya pesan (khusus) nanti hari Rabu," kata Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.