Sukses

Nasdem DKI Jakarta: Kita Tak Geser Sedikit pun Dukung Ahok-Djarot

Seluruh struktur pengurus dan kader partai Nasdem wajib melaksanakan perintah partai, yakni mendukung Ahok-Djarot.

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem DKI Jakarta menegaskan sikap dukungan kepada pasangan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok-Djarot Saiful Hidayat di Pilkada DKI Jakarta 2017.

Penegasan itu disampaikan pascamunculnya kabar beberapa anggotanya yang mendeklarasikan diri untuk mendukung pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

"Nasdem sebagai parpol pendukung bersikap jelas, tegas, dan all out dalam Pilgub DKI dan tidak bergeser sedikit pun dalam mendukung Basuki-Djarot untuk dapat terpilih kembali sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur provinsi DKI Jakarta periode 2017-2022," kata Wakil ketua Bappilu DPW Partai Nasdem Bestari Barus dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/12/2016).

Ia mengatakan, seluruh struktur pengurus dan kader partai wajib melaksanakan perintah partai, yakni mendukung Ahok-Djarot sebagai amanah dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan sepenuhnya.

"Struktur dan kader yang tidak melaksanakan perintah partai akan diberikan sanksi organisasi yang tegas, termasuk pemberhentian sebagai anggota," ujar dia.

Bestari mengingatkan, bagi anggota partai yang sudah diberhentikan, tidak berhak lagi mengatasnamakan partai. Dengan demikian, tindakan pemberian dukungan di luar pasangan Ahok-Djarot merupakan tindakan pribadi.

"Kegiatan-kegiatan lain yang dilakukan oleh pribadi-pribadi bukanlah menjadi tanggung jawab Nasdem secara institusi," kata Bestari.

Pasca-adanya klaim dukungan tersebut, pihaknya mengakui tengah mempersiapkan tindakan hukum kepada oknum yang menggunakan nama Nasdem tanpa izin dan juga kepada fasilitatornya terkait penyalahgunaan nama partai.

Dari informasi yang beredar, ratusan pengurus Partai Nasdem Jakarta Timur disebut-sebut mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Anies-Sandi di Posko Pemenangan Anies- Sandi, di Jalan Panglima Polim IX Jakarta Selatan.

Sebanyak 100 orang pengurus Partai Nasdem tingkat Kota Jaktim, yang terdiri dari 10 kecamatan dan 44 kelurahan menyatakan akan mendukung Anies-Sandi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama

    Pilkada DKI 2017