Sukses

Sapi Kurban Pesanan Jokowi di Jawa Timur Seberat 1,1 Ton

Sapi milik Jokowi akan disembelih bersamaan dengan sapi kurban milik Gubernur dan Wagub Jawa Timur.

Liputan6.com, Surabaya - Presiden Jokowi kembali memesan sapi dari seorang peternak di Jawa Timur, yakni sapi milik Sholeh, warga Desa Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, untuk dikurbankan.

Sapi itu berwarna putih‎, jenis Peranakan Ongole atau biasa disebut PO. Beratnya sekitar 1,1 ton dengan harga sekitar Rp 70 juta. 

"Sapi kurban Pak Presiden ini kami carikan yang terbaik. Nantinya, akan disembelih bersamaan dengan sapi kurban milik Bapak Gubernur dan Wagub di Masjid Al Akbar Surabaya," tutur Kabiro Administrasi Kesmas Setdaprov Jawa Timur, Bawon Adiyitoni, Sabtu (10/9/2016).

Bawon mengatakan, sapi kurban milik Gubernur Jawa Timur Soekarwo jenisnya Simental, beratnya 950 kilogram dan harganya di kisaran Rp 65 juta.

"Sapi itu dibeli dari peternak langganan Pak Gubernur, Pak Kusnan asal Bojonegoro," kata Bawon.

Sedangkan sapi kurban Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf dari tempat yang sama seberat 850 kilogram, yakni jenis Limousin dengan harga sekitar Rp 60 juta.

Bawon menjelaskan, Minggu, 11 September 2016, semua sapi tersebut akan dikirim ke Masjid Al Akbar Surabaya. Dan, akan dilaksanakan penyerahan kepada panitia kurban di Masjid Al Akbar untuk disembelih, usai salat Idul Adha.

"Semua daging sapi kurban dari para pejabat Forum Komunikasi Pimpinan dan Kepala Daerah Jawa Timur itu kemudian pembagiannya diatur oleh Yayasan Masjid Al Akbar," ujar Bawon.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Idul Adha adalah salah satu perayaan besar umat Islam yang di dalamnya ada pelaksanaan ibadah haji dan pemotongan hewan kurban.

    Idul Adha

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • kurban

  • sapi