Sukses

Begini Proses yang Dilalui Budi Gunawan Sebelum Jadi Kepala BIN

Liputan6.com, Jakarta - Komjen Budi Gunawan selangkah lagi menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Namun, pria yang masih menjabat sebagai Wakil Kepala Kepolisian RI itu harus bersabar. Sebab, masih ada satu proses yang harus dilewatinya.

Proses itu adalah rapat paripurna DPR. Walaupun, Komisi I DPR menyatakan dia layak dan patut menggantikan Sutiyoso sebagai Kepala BIN.

Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari mengatakan hasil dari uji kepatutan dan kelayakan tersebut akan dibawa ke rapat paripurna ‎hari ini.

"Iya pukul 09.00 WIB hari ini kita bacakan di rapat paripurna di depan seluruh anggota (dewan) hasil fit and proper test Pak Budi Gunawan kemarin," kata Kharis saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Kamis (8/9/2016).

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menjelaskan, setelah itu, Pimpinan DPR akan melaporkan hasil uji kepatutan dan kelayakan calon Kepala BIN tersebut ke Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Teknisnya seperti itu, usai dibacakan Komisi I nanti Pimpinan DPR yang mengirimkan hasilnya kepada Presiden," jelas Kharis.

Menurut dia, penyampaian misi dan pendalaman terhadap Budi Gunawan sebagai calon Kepala BIN berlangsung dengan lancar. Tidak ada kendala sama sekali saat tahapan tersebut dilakukan secara tertutup.

"Lancar kok lancar, semuanya berjalan baik," tandas Kharis.