Sukses

Peringati Hardiknas, Kota Medan Pecahkan Rekor MURI

Jumlah peserta yang ikut dalam gerak jalan dengan grup di Kota Medan kali ini mencapai 6.912 orang.

Liputan6.com, Medan - Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada hari ini (2/5/2015) diperingati dengan beragam cara. Salah satunya, gerak jalan yang diikuti 960 grup dari sekolah-sekolah di Kota Medan. Aksi tersebut tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai gerak jalan yang diikuti oleh peserta terbanyak.

Gerak jalan yang diikuti oleh 960 grup dengan jumlah grup terbanyak ini diikuti ribuan siswa yang terdiri dari siswa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dengan jarak tempuh sejauh 10 Kilometer (Km). Gerak jalan dimulai dari Jalan Pulau Pinang, Jalan Tembakau Deli, Jalan Guru Patimpus, dan kembali lagi ke Jalan Pulau Pinang.

Penghargaan Museum Rekor Indonesia untuk grup peserta gerak jalan terbanyak di Indonesia tersebut diserahkan langsung oleh Manajer MURI Awan Raharjo dan diterima Walikota Medan Dzulmi Eldin.

"Gerak jalan dengan jumlah grup terbanyak yang dibuat Pemko Medan ini telah mengalahkan Rekor MURI yang sebelumnya dipegang oleh pemerintah Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, yaitu sebanyak 462 grup," kata Awan.

Awan mengatakan, jumlah peserta yang ikut dalam gerak jalan dengan grup di Kota Medan kali ini mencapai 6.912 orang. Hampir 2 kali lipat dibandingkan dari gerak jalan Pangkal Pinang.

Gerak jalan tersebut dimeriahkan penampilan Marching Band serta pawai sepeda dan baju hias kategori pelajar. (Mvi/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini