Sukses

Kertas 1 Ton Berserakan, Tol Semanggi-Cawang Macet Parah

Tiba-tiba saja, tali pengikat gulungan kertas itu putus. Puluhan rol kertas pun berserakan di tengah jalan.

Liputan6.com, Jakarta - 26 Rol kertas seberat 1 ton jatuh dari truk pengangkutnya dan berserakan di ruas jalan Tol Dalam Kota, Cawang km 0+600, Jakarta Timur. Akibatnya kemacetan parah pun tak dapat dihindarkan.

Peristiwa bermula saat truk fuso bernopol B 9185 NG yang membawa muatan 30 rol kertas melintas, dari arah Pancoran menuju Cawang. Tiba-tiba saja, tali pengikat gulungan kertas itu putus. Puluhan rol kertas pun berserakan di tengah jalan tol.

"Kendaraan mengalami gangguan, kabelnya putus sehingga muatannya berjatuhan. Sementara kita lakukan evakuasi muatan yang menutupi jalan tol," kata Kepala Induk Jaya I, Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) Dirlantas Polda Metro Jaya, AKP Joko, Rabu (2/4/2014).

Joko menambahkan, proses evakuasi terhadap muatan dilakukan agar arus lalu lintas bisa kembali normal. Sebab, hampir seluruh badan jalan terutup rol kertas.

"Macetnya sampai Semanggi. Kemacetan juga terjadi karena kejadiannya hampir berbarengan dengan jam pulang kantor. Jadi volume kendaraan semakin padat," lanjutnya.

Pantauan Liputan6.com, dari 30 rol kertas yang dibawa truk, tersisa 4 rol yang masih ada di atas truk. Petugas gabungan dari PJR dan Jasa Marga juga telah dikerahkan, untuk memindahkan rol kertas dari badan jalan.

Petugas sempat kesulitan memindahkan rol-rol kertas itu. Sebab, berat satu rol kertas diperkirakan mencapai 1 ton. Butuh 5 orang untuk memindahkan satu rol kertas dengan cara menggelindingkan rol.

Petugas akhirnya berhasil memindahkan satu per satu rol kertas ke bahu jalan. Bagian depan rol tampak rusak akibat terjatuh dan proses pemindahan yang dilakukan.

Satu unit mobil derek Jasa Marga tak lama kemudian datang untuk membantu evakuasi. Truk lalu dipindahkan ke tepi jalan tol, sedangkan sopir truk diamankan untuk dimintai keterangan. (Yus Ariyanto)

Baca Juga:

3 Mobil Tabrakan Beruntun di Tol Jagorawi

Kecelakaan Truk Warnai Hari Libur Nyepi di Karawang

Truk Sosis Terguling di Cikampek KM 63 Arah Jakarta, Tol Macet

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini