Sukses

6 Fakta Menarik Gunung Karacak di Garut yang Memiliki Hutan Pinus di Kaki Gunungnya

Gunung Karacak yang berlokasi di Garut, Jawa Barat, berada di antara Gunung Cikuray dengan Gunung Galunggung.

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Karacak terletak di tenggara Kota Garut, wilayah perbatasan Kabupaten Tasikmalaya dengan Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Gunung yang membentang di arah selatan kota Garut ini berada di antara Gunung Cikuray dengan Gunung Galunggung.

Di sekitarnya terdapat beberapa puncak yang masih satu kawasan dengan Gunung Karacak, seperti Puncak Karacak II, Puncak Gede, Puncak Putri, Puncak Kukusan, dan Puncak Pasir Rari. Gunung ini memiliki ketinggian 1.838 mdpl atau sekitar 6.030 kaki.

Tanah gembur di kaki Gunung Karacak dimanfaatkan warga sekitar untuk bercocok tanam. Mereka mengolahnya menjadi kebun, termasuk kebun sayur di sana.

Masih banyak hal mengenai Gunung Karacak selain lokasi maupun ketinggiannya. Berikut enam fakta menarik Gunung Karacak yang dirangkum Tim Lifestyle Liputan6.com  dari berbagai sumber pada Senin, 11 Maret 2024.

1. Terkenal dengan Wisata Karacak Valley

Mengutip dari laman Info Garut, Gunung Karacak adalah semacam batas yang memisahkan Kabupaten Garut dengan Kabupaten Tasikmalaya. Gunung Karacak terkenal akan keindahan yang luar biasa. Karenanya, tempat ini dimanfaatkan untuk berwisata. Objek wisata yang paling terkenal adalah Karacak Valley.

Karacak Valley adalah sebuah hutan pinus dan perkebunan kopi milik Perhutani di kaki Gunung Karacak. Dari 92 hektare areal yang dikuasai Perhutani, 10 hektare di antaranya dikelola sebagai tempat wisata, khususnya sebagai camping ground yang dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Jayamandiri. Selain perkemahan, terdapat air terjun yang menambah keasrian tempat wisata itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Terdapat Makam Keramat

Gunung Karacak pun terkenal dengan banyaknya tempat-tempat yang dikeramatkan. Salah satu tempat keramat tersebut adalah Makam Godog yang merupakan makam dari Sunan Rohmat atau Raden Kiansantang serta dikenal juga sebagai Pangeran Cakrabuana.

Sosok pangeran ini merupakan anak dari Prabu Siliwangi. Lantaran terletak di Gununng Karacak, gunung ini juga dikenal sebagai Gunung Cakrabuana.

3. Ada Pacet di Jalur Pendakian

Gunung Karacak juga menjadi salah satu tujuan para pendaki yang ingin mendaki gunung di Garut. Meskipun tak setinggi gunung-gunung lain, proses mendaki Gunung Karacak tidaklah mudah.

Sebagian besar wilayah Gunung Karacak ini masih berupa hutan belantara sehingga tidak ada jalur khusus untuk menuju puncak. Di samping itu, di Gunung Karacak terdapat suatu lereng yang begitu ditakuti para pendaki, sebab lereng tersebut dipenuhi oleh lintah penghisap darah. Orang Garut menyebutnya dengan pacet, yang dapat menyerang siapapun yang melewati lereng gunung ini.

3 dari 4 halaman

4. Dilewati Aliran Sungai Cimarangkas

Gunung Karacak juga dilewati oleh aliran Sungai Cimaragas, Ciharus dan Cigumungkung. Gunung Karacak merupakan hulu bagi beberapa anak Sungai Cimanuk serta Sungai Ciwulan.

Punggung kawasan Gunung Karacak menjadi batas alami (topografi) antara Daerah Aliran Sungai (DAS) Cimanuk. DAS Cimanuk ini mengalirkan airnya ke pesisir utara pulau Jawa di wilayah perairan Laut Jawa serta DAS Ciwulan yang mengalirkan airnya ke pesisir selatan pulau Jawa di wilayah perairan Samudera Hindia. 

5. Puncak Dogar dan Terdapat Curug

Mengutip dari laman Salsa Wisata, tidak jauh dari gerbang masuk tempat pendakian awal Gunung Karacak Anda bisa melihat puncak bukit kecil bernama Puncak Dogar. Di sini terlihat lanskap Kota Garut tanpa penghalang apapun dari atas ketinggian.

Kalau Anda mendaki puncak cuaca sedang mendukung maka pemandangan kota Garut yang indah akan terlihat jelas. Anda juga bisa melihat indahnya pemandangan epik saat malam hari, Namun untuk melihatnya, Anda perlu berkemah di sekitar area bukit.

4 dari 4 halaman

6. Akses Menuju Gunung Karacak

Titik awal pendakian Gunung Karacak yaitu di Jalan Karacak Valley, Margawati, Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jaraknya tak jauh dari Sabda Alam Garut Waterpark.

Perjalanan ke Gunung Karacak dari kota Garut berjarak 7,5 km. Anda akan melalui jalan Raya Garut menuju Cikajang ke arah jalan Margawati dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Bagi Anda yang menggunakan angkutan umum, dapat mengakses dari Terminal Guntur dengan naik angkot jurusan Sukaregang atau Sukadana dengan tarif sebesar Rp5.000. Pendaki turun di pangkalan ojek Margawati lalu melanjutkan dengan ojek dan untuk tarif disesuaikan.

Untuk berkunjung ke destinasi wisata Karacak Valley Garut, Anda dikenakan biaya tiket yang cukup murah. Harga tiket masuk Karacak Valley Rp10.000 bagi dewasa dan Rp5.000 untuk anak-anak.

Nah, kalau hanya ingin berkemah di Karacak Valley, fasilitas camping ground dikenakan ke per orang sebesar Rp15.000. Sementara, untuk yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan tiket parkir Rp3.000 per motor dan Rp10.000 per mobil. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini