Sukses

Ria Ricis Sela Obrolan Prabowo Subianto dan Jokowi untuk Minta Kerupuk, Auto Dilirik Paspampres

Raffi Ahmad menantang keberanian Ria Ricis meminta izin pada Presiden Jokowi dan Prabowo untuk mengambil wadah kerupuk.

Liputan6.com, Jakarta - Momen Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto makan bakso bersama di Magelang, Senin, 30 Januari 2024 viral dan mencuri perhatian. Namun, di kesempatan yang sama, terekam momen lucu saat Ria Ricis mendadak menyela perbincangan Jokowi dan Prabowo.

Momen itu terekam dalam unggahan di akun TikTok @ransdailyupdate, Senin, 29 Januari 2024. Awalnya, sejumlah artis seperti Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Atta Halilintar, Caca Tengker, dan Celine Evangelista tampak menikmati santapan makan siang bersama Jokowi dan Prabowo.

Mereka terlihat menikmati semangkuk bakso di meja yang berbeda, para artis makan di satu meja, sedangkan Jokowi dan Prabowo hanya berdua di meja terpisah. Saat mulai makan, Nagita tiba-tiba meminta Raffi mengambilkan kerupuk. Tapi, wadah kerupuk itu ada di meja yang ditempati Jokowi dan Prabowo.

Nagita jadi merasa sungkan untuk memintanya. Raffi pun terlihat ragu menghampiri meja Jokowi dan Prabowo untuk mengambil wadah kerupuk. Keduanya juga terlihat sedang menikmati makanan mereka sambil mengobrol.

Tapi, Raffi ternyata punya cara lain. Ia  menantang keberanian Ria Ricis meminta izin pada Jokowi dan Prabowo untuk mengambil wadah kerupuk. "Gue yang ambil, lu yang minta izin boleh? Ada yang mau ambil kerupuk nih," kata Raffi. "Coba ngomong Cis."

Meski langkahnya sempat tertahan, Ricis tetap memberanikan diri menghampiri meja Jokowi dan Prabowo untuk mengambil wadah kerupuk. Istri Teuku Ryan itu berjalan sambil membungkukkan badan sebagai bentuk kesopanan.

Secara perlahan, ia meminta izin pada Prabowo untuk mengambil kerupuk yang ada di sampingnya. Ricis akhirnya bisa mengambil wadah kerupuk tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ria Ricis Punya Nyali

Raffi dan para artis lain tak menyangka wanita berusia 28 tahun tersebut berani melakukan hal tersebut. Padahal, beberapa orang paspampres yang berjaga di sekitar tepat makan itu langsung melihat ke arah Ria Ricis seolah siap siaga untuk mengamankan Presiden.

Jokowi sendiri terlihat tersenyum melihat aksi Ricis yang kemudian disambut tepuk tangan teman-temannya karena berhasil mendapatkan tempat kerupuk. "Hahaha boleh tuh boleh wih ke Ricis keren. Makasih pak makasih, akhirnya challenge berhasil. Ricis berhasil minta kerupuk," ujar Raffi.

Momen lucu itu mengundang beragam komentar warganet. Sebagian besar memuji nyali Ria Ricis yang berani menyela pembicaraan Prabowo dan Jokowi saat keduanya sedang makan.

"Ternyata artis pun sama kaya kita ya kalo mau ngambil sesuatu di meja lain saling suruh ga berani ngambil sendiri😭😭😭," komentar seorang warganet.

"Bisa-bisanya pak jokowi sempet ketawa pas ricis minta krupuk😂,” kata warganet yang lain. "Gak expect bakal d bawa setoples"nya tuh kerupuk cis😭😭😭,” ujar warganet lainnya. "Matanya paspampres pada sigap ke icis semua😭😭😭🤣🤣,” timpal warganet lainnya. "Kusebut ricis wanita cantik dan pemberani🥰😁," sebut warganet lainnya.

3 dari 4 halaman

Agenda Makan Bersama

Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan (Mehan) Prabowo Subianto ternyata makan bakso bareng usai meresmikan Graha Utama Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah (Jateng), Senin 29 Januari 2024. Keduanya dan sejumlah selebritas Indonesia makan bakso bareng di sebuah warung yang terletak tidak terlalu jauh dari Akmil.

Analis politik dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic Arifki Chaniago menilai, dalam kacamata politik, agenda makan bersama tidak bisa dinilai sebagai kegiatan mengisi perut biasa. Ia mengatakan, ada makna dan simbol yang hendak mereka tunjukkan, mengingat hal itu dilakukan di tahun politik dan status Prabowo sebagai calon presiden (capres) nomor urut 02 itu.

"Bagi sebagian orang, ini mungkin makan bakso biasa karena habis acara pergi makan lumrah dalam masyarakat Indonesia. Apalagi bakso, tentu menjadi pilihan saat musim hujan ini. Namun saya membaca ini jadi simbol dukungan Jokowi makin kuat kepada Prabowo," kata Arifki melalui pesan singkat diterima tim Pemilu Liputan6.com, Selasa (30/1/2024).

 

 

4 dari 4 halaman

Pertemuan Simbolik Makan Bakso

Arifki menegaskan, meski dukungan politik terhadap Prabowo kerap disangkal Jokowi, tapi momentum keakraban pada ajang Pilpres seperti sekarang ini sangat jelas terbaca. "Politik simbolik tentu makin menarik karena semakin mudah diperbincangkan di media dari pada pernyataan verbal. Apalagi simbol yang dipertontonkan itu biasa, tapi relate dengan banyak orang," urai Arifki.

Ia percaya, pertemuan simbolik makan bakso akan memunculkan banyak tafsir publik dan hal itu bakal menguntungkan Prabowo saat banyak pihak membicarakannya. Ketika hal itu terjadi, akan ada ancaman bagi kandidat lainnya, menurutnya.

"Secara psikologis, Prabowo dan Jokowi makan bakso bareng tentu lebih mengancam bagi Ganjar-Mahfud dan Anies-Imin dari pada pernyataan politik. Karena simbol sulit dicari celahnya, sedangkan pernyataan verbal ruang kritiknya terbuka," pungkasnya.

Jokowi dan Prabowo terpantau berbicara cukup santai dan dipenuhi gelak tawa. "Ngobrolin bakso, ngobrolin kelapa muda, ngobrolin tahu goreng, udah gitu," kata Jokowi kepada wartawan, Senin 29 Januari 2024.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.