Sukses

Serba-serbi Galian Singset, Jamu Pelangsing Para Putri Keraton

Liputan6.com, Jakarta - Jamu Indonesia terkenal dengan khasiatnya untuk kesehatan, termasuk menjaga daya tahan tubuh. Beberapa racikan jamu juga memiliki manfaat tertentu seperti galian singset yang populer sebagai jamu pelangsing.

Jamu tersebut sampai saat ini masih digunakan oleh kalangan Keraton Surakarta di Jawa Tengah. Bahkan beberapa merek jamu pabrikan seperti Sidomuncul dan Borobudur juga memiliki produk bernama Jamu Galian Singset yang cukup praktis untuk diminum dengan cara diseduh air panas saja. 

Mengutip jurnal "Jamu Pelangsing Galian Singset Bermanfaat Sebagai Antiobesitas dan Antilipidemia pada Tikus" hasil penelitian Institut Pertanian Bogor (IPB), Jumat (3/2/2023), ditemukan kesimpulan bahwa jamu galian singset dapat digunakan sebagai anti-obesitas. Jamu galian singset bahkan lebih efektif menurunkan pertambahan bobot badan pada diet tinggi lemak daripada diet pakan standar.

"Jamu galian singset diduga mempunyai mekanisme kerja yang berbeda dengan obat antiobesitas sejenis" keterangan hasil penelitian tersebut.

Dalam hasil penelitian juga disebutkan bahwa jamu galian singet dapat digunakan sebagai anti-obesitas pada orang yang kesulitan mengurangi konsumsi lemak dalam diet. Tetapi disebutkan penggunaan jamu ini untuk obesitas sebaiknya diiringi dengan diet rendah lemak. 

Jika rutin minum ramuan jamu ini dapat menjaga agar badan tetap langsing serta menurunkan kolesterol. Jamu galian singset umumnya mengandung bahan rempah seperti jati belanda, daun ketapang, temulawak, hingga meniran. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kandungan Galian Singset

Disebutkan pada hasil  penelitian, jamu galian singset mengandung curcumin dari kunyit yang secara in vitro diketahui dapat memengaruhi angiogenesis, adipogenesis, ekspresi gen lipid dan metabolisme energi pada kultur sel lemak. Kurkumin dapat meningkatkan oksidasi dan menurunkan esterifikasi asam lemak.

Jamu galian singset diduga berpotensi menjaga bobot badan dan kadar lipid darah karena mengandung beberapa tanaman obat antiobesitas dan anti-dislipidemia, seperti daun jati belanda, kunyit dan biji pinang. Daun jati belanda diketahui dapat berperan sebagai antidislipidemia sehingga mencegah aterosklerosis dan memperbaiki profil lipid.

Daun jati belanda berperan sebagai antiobesitas melalui inhibisi enzimlipase karena mengandung flavonoid dan steroid serta tanin. Kurkumin dapat menurunkan lemak tubuhmelalui peningkatan oksidasi dan menurunkanesterifikasi asam lemak. Kurkumin pada kunyit juga dapat menekan peradangan kronis. 

3 dari 4 halaman

Jamu Wanita

Bukan hanya galian singset, sejak dulu ada beberapa ramuan jamu yang biasa dikonsumsi wanita sejak dulu. Di antara khasiatnya dipercaya secara turun-temurun untuk kecantikan dan kesehatan, antara lain:

 

1. Anton-Anton Muda

Bagi wanita yang sedang hamil muda, jamu ini bisa membantu untuk menjaga kesehatan. Anton-anton muda membantu supaya wanita hamil tidak banyak muntah-muntah, serta menghilangkan lesu dan lemah. Anton-Anton Muda mengandung Sintok (Sintok cortex), Pulosari (Alyxiae cortex), Kemukus (Cubebae fructus), serta Seprantu (Sindorae fructus).

2. Galian Putri

Jamu Galian Putri bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan wanita. Jika rutin dikonsumsi, wajah menjadi berseri dan bercahaya terutama usai datang bulan. Jamu ini mengandung jati belanda (Guazumae folium), daun anting-anting (Indicae folium), tabat barito (Ficusis deltoidae Folium), serta tambahan temulawak (Curcumae rhizoma).

4 dari 4 halaman

3. Galian Parem

Usai melahirkan biasanya disarankan untuk minum jamu galian parem yang dapat membantu pemulihan. Manfaat jamu ini bisa membuat badan sehat dan segar. Di samping itu, jamu ini ternyata bisa membantu melancarkan Air Susu Ibu (ASI).

Jamu Galian Parem umumnya terdiri dari daun iler (Colei atropurei Folium), ketumbar (Coriandri fructus), buah kemukus (Cubebae fructus), rempah  kencur (Kaempferiae rhizoma), lengkuas (Languatis rhizoma), serta terdapat jahe (Zingiberis rhizoma).

4. Patmosari Rapet

Jamu Patmosari Rapet biasa diminum setelah haid. Jamu ini membantu untuk memulihkan kembali badan setelah haid, menambah gairah atau semangat, serta mencegah keputihan.

5. Bersih Darah

Bila memiliki masalah kulit, jamu bersih darah dapat menjadi solusinya. Jamu Bersih Darah bermanfaat untuk membersihkan darah sehingga bisa menghilangkan permasalahan kulit. Masalah kulit yang bisa diatasi antara lain bisul, gatal-gatal, jerawat, eksim, giduh atau biduran, bahkan keringat yang bau. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.