Sukses

Termasuk Kopi, Ini Makanan dan Minuman yang Bisa Memicu Penuaan Dini

Terdapat beberapa makanan dan minuman yang dapat mencegah penuaan dini.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi tua itu pasti, hanya tinggal menunggu waktunya saja! Yup, kalimat tersebut merupakan sebuah kepastian yang akan dialami oleh setiap orang. Tak hanya dari segi nominal usia saja, namun setiap organ tubuh manusia akan mengalami penuaan, termasuk kulit.

Fyi, terdapat beberapa hal yang menyebabkan proses penuaan dini  seseorang terlihat lebih cepat. Faktor tersebut meliputi paparan sinar matahari yang berlebih dan produksi advanced glycation end products (AGEs) yang berlebih pula, hal ini disebabkan dari pola makan yang tidak baik. Secara alamiah, AGEs diproduksi ketika protein bercampur dengan gula.

Ternyata, makanan yang kita konsumsi dapat mempercepat proses penuaan, bukan? Nah, untuk itu, Anda harus mencegah hal tersebut terjadi dengan membatasi konsumsi makanan dan minuman di bawah ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kopi

Siapa sih yang tidak ngopi di era yang serba sibuk seperti saat ini? Yup, ngopi sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, ya! 

Eits, akan tetapi minuman tersebut mengandung kafein yang tinggi. Hal tersebut akan berpengaruh kepada pola tidur Anda apabila tidak membatasi diri mengonsumsi kopi.

Seperti yang kita ketahui, pola tidur sangat berpengaruh pada proses penuaan. Ketika pola tidur buruk, akan muncul mata panda, kerutan, dan garis-garis halus di sekitar mata. Tanda-tanda tersebut menjadikan Anda mengalami penuaan secara cepat.

Makanan yang Diolah dengan Api Besar

Memang, terdapat minyak tak jenuh ganda yang tinggi asam lemak omega-6 yang baik untuk tubuh. Akan tetapi, jika minyak tersebut berada di dalam suhu yang teramat tinggi akan memicu radikal bebas berbahaya menetap di dalamnya. Dan juga akan menimbulkan peradangan kulit yang berpengaruh pada proses penuaan lebih cepat.

French Fries

French fries a.k.a kentang goreng juga bisa menjadi faktor pemicu Anda mengalami proses penuaan lebih cepat. Pasalnya, kentang goreng merupakan makanan yang dimasak dalam suhu yang tinggi dan jika dikonsumsi berlebihan dapat merusak sel kulit Anda.

Selain itu, karena kadar garam yang tinggi dalam kentang goreng, hal itu dapat memicu dehidrasi pada kulit dan munculnya kerutan akan semakin besar. 

3 dari 3 halaman

Gula Putih

Bahan baku satu ini dapat merusak kolagen, lho! Bagaimana tidak? Ketika kadar gula di dalam tubuh meningkat, proses AGEs akan lebih cepat terjadi. Selain bisa mempercepat proses penuaan, mengonsumsi gula dalam jumlah berlebih dapat menimbulkan masalah kesehatan lainnya, seperti diabetes.

Mentega

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa orang yang tidak mengonsumsi mentega akan lebih kecil kemungkinannya mengalami kerusakan pada kulit. Hal tersebut berkaitan erat dengan kandungan minyak yang banyak pada mentega. Itu dapat membuat kulit lebih rentan terkena radiasi sinar UV serta dapat merusak kolagen.

Susu

Susu memang baik untuk kesehatan tubuh, akan tetapi untuk sebagian orang malah akan menyebabkan peradangan dalam tubuh. Bagi sebagian orang, susu dapat menyebabkan stres yang bersifat oksidatif. 

Stres tersebut dapat memicu proses penuaan dini pada seseorang. Jika ingin melengkapi kalsium dalam tubuh, Anda dapat mengonsumsi makanan dan minuman lainnya, ya!

Roti Tawar

Makanan ini merupakan menu terbaik yang bisa dijadikan olahan sederhana untuk sarapan. Akan tetapi, roti tawar juga dapat memicu proses penuaan terjadi lebih cepat. 

Pasalnya, makanan jenis ini termasuk ke dalam indeks glikemik tinggi atau makanan berkarbohidrat yang dapat memengaruhi kenaikan gula darah dalam tubuh. Proses tersebut dapat menyebabkan peradangan pada tubuh dan berkaitan dengan proses penuaan lebih cepat. 

Jika sudah membatasi konsumsi makanan dan minuman tersebut, Anda bisa mencegah penuaan dini dengan menggunakan anti aging yang mengandung bahan aktif glycolic acid, ya!

 

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.