Sukses

3 Resep Kue Natal Serba Dikukus, Nastar sampai Brownies

Anda bisa membuat kue Natal, mulai dari nastar sampai brownies, dalam versi dikukus dengan bahan-bahan yang tidak jauh berbeda.

Liputan6.com, Jakarta - Dengan semakin mendekatnya perayaan Natal, ragam persiapan menyambutnya terus dilakukan, termasuk menyiapkan berbagai sajian kue menggugah selera. Kendati beberapa keluarga umumnya sudah punya hidangan andalan masing-masing, bagaimana jika menu tahun ini dikombinasikan dengan camilan berbeda?

Dalam opsi ini, Anda bisa membuat kue Natal serba dikukus sebagai alternatif kue kering panggang yang sudah umum didapatkan. Pilihannya pun tidak kalah nikmat dan cukup bervariasi.

Anda bisa membuat mulai dari nastar sampai brownies dalam versi dikukus dengan bahan-bahan yang tidak jauh berbeda. Tanpa berlama-lama lagi, langsung catat sederet resep kue Natal serba dikukus berikut, seperti dirangkum dari Cookpad, Rabu, 21 Desember 2022.

Nastar Kukus Tanpa Air

Resep kreasi pengguna @novikaputri ini membutuhkan bahan-bahan:

Bahan adonan:

200 gram atau 1 bungkus margarin

2 sdm gula halus

1 butir kuning telur

5 sdm maizena

24 sdm tepung terigu

25 gram atau 1 bungkus susu bubuk

Secukupnya selai nanas

Bahan oles:

2 butir kuning telur

2 sdm SKM

2 sdm minyak

 

Langkah Pembuatan:

1. Campurkan margarin dan gula, aduk sebentar. Tambahkan kuning telur, lalu aduk lagi.

2. Tambahkan tepung maizena, tepung terigu, dan SKM, aduk rata.

3. Bentuk adonan jadi bulat-bulat kemudian masukkan selai nanas.

4. Siapkan teflon dan alasi dengan baking paper supaya tidak lengket. Masak dengan menutup teflon kurang lebih 15 menit dengan api cenderung sedang. Cek bagian atas. Bila sudah kering, kecilkan api lalu masak lagi sampai 10 menit.

5. Setelah 10 menit, buka tutup teflon. Diamkan hingga dingin.

6. Oleskan bahan olesan ke permukaan nastar menggunakan kuas. Ulangi pengolesan selama satu kali, lalu masak kembali selama 10 menit atau sampai matang sempurna.

7. Angkat dan masukkan ke dalam stoples bila sudah dingin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bolu Kukus Pandan Putih Telur

Resep kreasi pengguna @yantioktaviani03 ini membutuhkan bahan-bahan:

250 gram putih telur

120 gram gula pasir (berbutir halus)

120 gram terigu pro rendah

60 ml santan instan

1 sdt SP

1/4 sdt garam

1/4 sdt baking powder

1 sdt pasta pandan atau secukupnya

3 sdm minyak

 

Langkah Pembuatan:

1. Mix putih telur, garam, dan SP dengan kecepatan tinggi sampai berbusa. Tambahkan gula pasir, campur lagi sampai mengembang dan kental, kurang lebih delapan menit.

2. Tambahkan terigu yang sudah diayak dengan baking powder. Masukan bertahap, mix dengan kecepatan rendah sampai rata. Matikan mixer.

3. Tambahkan santan, pasta pandan, dan minyak. Aduk rata dengan spatula, lalu tuang ke dalam loyang yang sudah dioles margarin.

4. Panaskan kukusan lebih dulu sampai mendidih, alasi tutupnya dengan kain bersih. Kukus adonan dengan api sedang selama 30 menit atau sampai matang.

5. Angkat, tunggu sedikit dingin, lalu potong sesuai selera.

3 dari 3 halaman

Brownies Kukus Putih Telur

Resep kreasi pengguna @Nick_YunaUnik ini membutuhkan bahan-bahan:

150 gram putih telur

80 gram gula pasir

1/4 sdt garam

1/2 sdt air jeruk lemon

1/2 sdt SP

1/2 sdt vanili cair

1/2 sdt pasta cokelat/mocca

84 gram cokelat batang

80 ml minyak

1 saset SKM cokelat

80 gram tepung terigu serbaguna

15 gram cokelat bubuk

1 gram baking powder

10 gram meses cokelat

 

Langkah Pembuatan:

1. Lelehkan cokelat batang bersama minyak dengan cara ditim, lalu tambahkan kental manis, sisihkan.

2. Campur tepung terigu, cokelat bubuk, dan baking powder, ayak lalu campurkan dengan lelehan cokelat, minyak, dan kental manis, aduk rata dengan whisk secara perlahan, sisihkan.

3. Mix putih telur sampai berbusa, lalu masukkan air jeruk, SP, vanili, dan pasta. Masukkan gula pasir secara bertahap, campur sampai melengkung kebawah atau bila adonan tidak tumpah jika wadahnya di balik.

4. Ambil sedikit adonan putih telur, masukkan ke adonan tepung dan cokelat, aduk perlahan hingga tercampur rata, lakukan secara bertahap sampai tercampur semua.

5. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dialasi kertas roti atau bisa juga adonan dibagi dua sama rata. Kukus bertahap selama 10 menit pertama, atau bila disentuh permukaan kue tidak lembek, kemudian tabur meses di permukaanya.

6. Kukus lima menit dan tambahkan adonan kedua. Kukus lagi, 15 menit, atau lakukan tes tusuk untuk mengecek kematangannya.

7. Setelah matang, angkat dari kukusan, biarkan di loyang sampai agak hangat baru keluarkan. Lepas lapisan kertasnya, dinginkan, baru dipotong-potong. Sajikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.