Sukses

6 Rekomendasi Destinasi Wisata Sekitar Sentul, Cocok untuk Liburan Akhir Tahun

Menuju akhir tahun, masyarakat biasa memanfaatkan waktu ini untuk berlibur bersama keluarga. Berikut adalah 6 destinasi wisata di sekitar Sentul.

Liputan6.com, Jakarta - Dekat dari Jakarta, kawasan Bogor dan sekitarnya seperti Sentul sering menjadi tujuan untuk berlibur masyarakat. Ada banyak pilihan destinasi wisata seperti restoran, ecoart, glamping, hingga wisata alam. 

Wisata di sekitar Sentul juga cocok untuk Anda yang membutuhkan waktu singkat melepas penat di alam. Berikut adalah pilhan destinasi wisata yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, pada Rabu (21/19/2022).

1. Edensor Hills Villa, Resort, dan Café

Tempat ini merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi karena selain menawarkan penyewaan Vila, Anda bisa menyantap makanan dan minuman di restoran dan kafe Edensor. Edensor Hills juga menyajikan aneka masakan Eropa dan Asia dengan harga mulai dari Rp30 ribu.

Sementara untuk biaya penginapan, Anda bisa merogoh kantong mulai dari Rp700 ribu per malam. Bangunan diketahui terinspirasi dari kastil tua di Eropa, hal ini nampak pada interior yang menggunakan material batu paimanan dengan warna soft crème sengaja dibuat model unfinished puzzle agar terkesan natural.

Edensor Hills Villa berlokasi di Bojong Koneng, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Tempat ini berdekatan dengan Jungle Land Adventure Theme Park, Sentul Paradise Park dan permandian terapi air panas Gunung Pancar.

Pengunjung bisa datang ke tempat ini pada Senin-Jumat pukul 10.00 -- 20.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 10.00--22.00 WIB. Lokasi ini tidak sulit untuk dicarai karena titik lokasi sudah sesuai dengan maps.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Teras Wangun, Sentul

Berpindah ke bagian tenggara dari lokasi sebelumnya, Teras Wangun merupakan restoran yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga pada liburan akhir tahun. Tidak hanya sebagai restoran saja tetapi di lokasi ini Anda bisa makan sambil melihat pemandangan yang sangat asri.

Kemudian, destinasi ini memiliki bentangan luas tanah yang hijau sehingga cocok untuk menjadi pilihan tempat prewedding, meeting, gathering, pelatihan, kemah, dan pesta kebun. Jam buka Teras Wangun Sentul dimulai dari pagi hingga sore, yakni pukul 08.00 --- 17.00 WIB untuk hari kerja. Sementara untuk akhr pekan atau libur nasional teras Wangun buka lebih cepat pada pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Restoran ini memiliki berbagai macam menu, seperti aneka ayam dan bebek, seafood, jamur, sup, sayur, dan ikan. Sementara untuk harga makanan yang bisa dipesan di restoran ini, yaitu mulai dari Rp25 ribu dengan paket nasi capcay dan jamur cah polos. Untuk harga tiket masuk, Anda perlu menyiapkan uang sebesar Rp50 ribu per orang yang dapat ditukarkan dengan makanan atau minuman seharga Rp25 ribu.

3. Taman budaya Sentul 

Tempat ini menjadi salah satu pilihan tepat untuk berlibur bersama keluarga karena all in one, yaitu pengunjung bisa menikmati wahana yang disediakan dengan menyesuaikan umur untuk anak dan dewasa. Untuk dewasa, wahana yang dapat dipilih adalah high ropes adult seharga Rp200 ribu dan Paintball seharga Rp150 ribu.

Sementara untuk anak-anak memiliki lebih banyak pilihan, yaitu trampoline, melukis layangan, menaiki kuda poni, shooting target, becak mini, flying fox, membatik dan membuat tanah liat yang dimulai dengan harga Rp25 ribu saja. Taman Budaya Sentul juga menawarkan paket program rekreasi, di antaranya adalah fun games, hogh ropes for kids and adults, paintball, trekking, panahan yang dibanderol harga milai dari Rp285 ribu.

Tempat yang memiliki luas enam hektar ini juga menawarkan  program berkemah dibanderol harga Rp550 ribu/pax. Fasilitas yang ditawarkan adalah perkemahan dua hari, high ropes, fun games, api unggun, makan empat kali, serta coffee break dua kali.

 

3 dari 4 halaman

4. Ecoart Park Sentul City

Ecoart Park Sentul City merupakan ruang hijau terbuka yang dibangun atas kerja sama Komunitas Migas Indonesia (KMI) dan Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) bertujuan untuk membangun sebuah tempat yang mengajarkan pendidikan energi terkait teknologi energi terbaru.

Saat masuk pengunjung langsung disambut oleh patung raksasa setinggi lima meter, salah satu yang seringkali dijadikan spot foto adalah patung transformer dan pesumo. Uniknya, patung transformer tersebut dibuat dari mobil bekas.

Selain itu, tempat ini dekat dengan lokasi Taman Sains sehingga pengunjung bisa menyusuri jembatan untuk menuju Taman Sains. Tempat ini berlokasi di Desa Cipmmbuan, Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Melansir dari situs web Sentul City, cara menuju ke lokasi ini bisa menggunakan kendaraan pribadi dan kereta yang disambung dengan Transpakuan.  

Jika menggunakan KRL, Anda dapat turun di Stasiun Bogor lalu keluar belok kiri sampai ke depan Matahari department Store. Kemudian naik angkot hijau bernomor 03 menuju Terminal Baranangsiang Rp3 ribu.

Turun di depan pool bis Trans Pakuan (di depan terminal). Naik Trans Pakuan turun di depan Mall Bellanova dengan biaya Rp6 ribu. Kemudian Anda harus menyebrang jalan dan belok ke kiri untuk berjalan ke lokasi.

Taman ini buka setiap hari mulai pukul 10.00--21.00 WIB pada hari biasa sedangkan untuk akhir pekan mulai buka lebihh awal pukul 08.00--21.00 WIB. Pengunjung dapat membayar tiket di pintu masuk seharga Rp10 ribu saja.

5. Gaya Rimba Resto Alam 

Merupakan salah satu objek wisata kuliner yang hadir dengan konsep alam dengan menawarkan masakan khas nusantara. Untuk makanan pada restoran ini dibanderol dengan harga mulai Rp25 ribu pada menu aneka pepes. Tak hanya itu, tempat ini juga menyediakan arena outbound khusus akhir pekan, di antaranya adalah Archery Shoot Target Paintball Shoot,  Paintball War, Berkuda, Memancing, untuk anak, dan mewarnai styrofoam. 

Kemudian, Gaya Rimba juga menyediakan tempat untuk berkemah dengan dua tipe, yaitu camp ground dengan harga Rp500 ribu dan double deck dengan biaya Rp650 ribu. Harga ini termasuk paket yang dapat dinikmati oleh empat orang lengkap dengan matras, selimut, hingga sarapan. Tempat ini berlokasi di Curug Bidadari, Kampung Curug, Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Sentul, Kabupaten Bogor. 

4 dari 4 halaman

6. Gunung Pancar

Salah satu tempat wajib jika berkunjung ke Sentul adalah wisata alam Gunung Pancar. Bagi Anda yang mencari tempat berlibur dengan pemandangan alam indah dan udara yang sejuk, tempat ini cocok untuk dijadikan alternatif.

Pihak wisata alam Gunung Pancar menyediakan kegiatan outbound team building untuk acara sekolah atau keluarga. Kemudian, terdapat area kemah yang luas dan bersih, melansir dari Instagram @gunungpancar untuk kemah individu dikenai biaya Rp100 ribu per malam jika membawa tenda sendiri, sementara untuk penyewaan tenda dikenakan biaya Rp200 ribu per malam.

Pihaknya bersama The Carpenter Outdoor menyediakan penginapan jenis glamping. Untuk glamping sendiri maksimal diisi oleh empat orang dalam satu tenda. Dengan harga mulai dari Rp1,5 juta pengunjung sudah mendapatkan kasur, listrik dalam tenda, lampu di dalam dan luar tenda, alat grill, meja makan, kursi camping, dan api unggun dalam waktu menginap selama dua hari satu malam.

Kemudian, pengunjung dapat menikmati kegiatan trekking di hutan pada pagi atau sore hari selama 20 menit yang masih termasuk dalam paket glamping. Untuk masuk ke tempat ini, Anda perlu menyiapkan uang Rp5 ribu per orang pada hari kerja dan Rp5 ribu, Rp10 ribu untuk motor dan mobil jika membawa kendaraan pribadi. Sementara, untuk akhir pekan, tiket masuk naik menjadi Rp7.500 dan Rp10 ribu untuk mobil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.