Sukses

Ada Toilet Super Lengkap di Restoran, Sediakan Peralatan Makeup hingga Hair Dryer

Liputan6.com, Jakarta - Kebersihan toilet kerap menjadi nilai plus bagi sebuah tempat usaha termasuk usaha kuliner. Tak heran banyak restoran dan kafe yang membuat toilet mereka bersih, nyaman, bahkan estetik.

Namun siapa sangka, toilet di sebuah restoran memiliki perlengkapan yang sangat komplet. Hal itu diketahui dari unggahan di akun TikTok cheesefolk."Oke, ini WC terniat yang pernah gue temuin," ungkap wanita pemilk akun tersebut di awal video yang dilansir pada Selasa (29/11/2022).

Saat masuk, toilet tersebut tampak estetik dengan pintu merah dan dinding hijau. Beberapa poster ditempelkan di dinding untuk menambah kesan keren toilet tersebut.

Selain bersih dan estetik, ada yang menarik di bagian depan kaca besar toilet itu. Restoran ini ternyata menyediakan makeup yang cukup lengkap untuk digunakan pada toilet mereka.

Kita bisa melihat ada brush makeup, foundation, eyeshadow, blush on, kuku mata palsu hingga bulu mata palsu dan lainnya. Merek kosmetik yang ada di sana juga merupakan merek yang terkenal dan terpercaya.

Selain itu, di sana juga ada sisir, hair dryer, bahkan masker wajah. Hal ini memungkinkan pengunjung untuk merias wajah di toilet itu dengan makeup yang cukup lengkap.

Sedangkan di toilet pria, disediakan wax dan parfum dan tak hanya satu pilihan. Ada pula sisir serta pencukur jenggot. Toilet super lengkap tersebut ternyata berada di restoran Zibaa yang berlokasi di Gading Serpong, Tangerang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Betah di Toilet

Restoran ini buka setiap hari pukul 11.00 WIB sampai 22.00 WIB.  Unggahan ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

"Wah, kece sih ini WC-nya karena di tempat cowoknya juga ada kayak pomade dan lain-lain," komentar seorang warganet."Takut dicolong huhu," tulis warganet lainnya."Gue kalau ke sini mah betah, nggak akan keluar-keluar toilet," komentar warganet lainnya.

Bukan hanya di restoran atau kafe, toilet umum yang memiliki desain mewah dan estetik bak di hotel bintang lima juga ada di pom bensin. Dekorasi kamar mandinya terlihat 'sultan' abis.

Hal itu diketaui dari unggahan pengguna akun TikTok @queen_mamita. "Udah pernah nemuin toilet SPBU kaya gini juga belum guys?" tulisnya, dilansir dari unggahannya, Selasa, 25 Oktober 2022.

Toilet ini menggunakan ubin bernuansa cokelat sebagai dindingnya. Kesan estetik makin terasa dengan pemilihan ubin bermotif batik dengan warna keemasan. Toilet ini juga menyediakan cermin rias lengkap dengan lampu layaknya cermin-cermin yang digunakan para MUA (Makeup Artist). Bagi yang ingin memperbaiki riasan di sini, tidak perlu khawatir jika wajah Anda terlihat kurang terang.

3 dari 4 halaman

Lampu Kristal

Toilet umum ini juga dihiasi berbagai elemen dekoratif, seperti vas bunga dan lukisan, yang menambah kesan mewah. Kamar mandi ini juga dilengkapi dengan kursi rotan dan kayu. Jadi, Anda yang menunggu antrean tidak perlu lelah berdiri, bahkan bisa-bisa lebih memilih duduk di kursi terebut selama beberapa saat.

Kesan mewah bertambah dengan penggunaan lampu gantung dengan ornamen kristal. Toilet dalamnya juga terlihat sangat bersih, tak ada kesan jorok seperti yang biasanya kita lihat di toilet umum pom bensin.

Bedanya lagi, pengguna toilet harus melepas alas kaki untuk menjaga kebersihan. Satu hal lagi, untuk menggunakan toilet ini, tidak dipatok biaya khusus. Pengguna diperbolehkan membayar seikhlasnya. Kalau Anda penasaran ingin melihat dan merasakan langsung, toilet tersebut berlokasi di SPBU Cada Kukun, Tangerang.

Tentunya kita berharap ada semakin banyak toilet yang bersih dan nyaman seperti di SPBU tersebut. Kalau itu terjadi, pasti Indonesia tak akan masuk dalan daftar negara dengan toilet umum terburuk di dunia.

4 dari 4 halaman

Toilet Umum

Adalah Graham Askey, pria asal Inggris yang sudah menghabiskan uang 150 ribu pound sterling, sekitar Rp2,5 miliar) untuk mengunjungi 100 negara dalam pencarian toilet umum terburuk di dunia. Di antara daftarnya, ternyata ada nama Indonesia. Kendati, pilihan teratas penulis perjalanan itu jatuh pada toilet umum yang disebutnya sebagai "lubang neraka" di Tajikistan.

Melansir The Sun, Jumat, 23 September 2022, bilik toilet dari beberapa potong kayu di Tajikistan itu diselimuti kain yang digunakan oleh penghuninya sebagai tisu toilet. "Fasilitas mengerikan" ini meninggalkan kotoran manusia yang terjemur di lantai toilet, sementara ular dan tikus mengintai di bebatuan di dekatnya. Askey menjelajahi dunia untuk mengunjungi ratusan toilet dan 36 dari "toilet paling jelek" ada di buku barunya, Toilets of the Wild Frontier.

Lainnya adalah wastafel di Bangladesh, sementara bak mandi di China penuh dengan air seni dan tinja. Sebuah gubuk panggung setinggi tiga meter di Indonesia, atau yang kita kenal sebagai jamban, juga masuk dalam daftar tersebut.

Ada juga kursi kayu dengan dudukan toilet built-in di Benin. Askey berkata, "Mereka adalah tempat paling tidak ramah di Bumi, dan menghabiskan satu menit di dalam salah satu dari mereka tidak akan terpikirkan, kecuali dalam keadaan yang paling buruk.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS